Tips Eksfoliasi Kulit Pakai Gula dan 5 Bahan Alami Ini, Yuk Dicoba!

Ilustrasi gula pasir. boldsky.com

kecantikan

Tips Eksfoliasi Kulit Pakai Gula dan 5 Bahan Alami Ini, Yuk Dicoba!

Jumat, 24 Juni 2022 11:10 WIB
Reporter : Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Tahukah Anda, gula tidak hanya bahan scrub yang bagus tetapi juga membantu mempertahankan kelembapan kulit. Salah satu tips eksfoliasi kulit ialah dengan menggunakan scrub gula pada wajah Anda membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan juga menarik air ke lapisan dalam kulit. 

Berikut adalah tips eksfoliasi kulit yang dapat Anda buat dengan gula dan beberapa bahan lain yang dapat dengan mudah ditemukan di dapur Anda:

1. Gula dan lemon

Lemon adalah bahan pencerah kulit alami, yang secara alami menghilangkan cokelat. Mencampurnya dengan gula membuat scrub yang sangat baik untuk menghilangkan kotoran dan membuat wajah Anda bercahaya alami. Cukup campurkan satu sendok makan gula dengan setengah jus lemon dan aduk. Anda juga bisa menambahkan sedikit madu untuk mendapatkan konsistensi yang bagus. Oleskan ke seluruh wajah dan biarkan selama 20-30 menit. Cuci bersih dengan air sambil menggosok kulit Anda dengan lembut.

Ilustrasi air lemon. Freepik.com/Azerbaijan_stockers

2. Gula dan teh hijau

Teh hijau adalah antioksidan yang sarat dengan sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba. Menerapkannya pada wajah Anda akan memberi Anda perasaan segar dan juga akan membantu mengurangi jerawat. Ambil saja satu sendok teh daun teh hijau dan tambahkan satu sendok teh gula di dalamnya. Tambahkan beberapa tetes minyak zaitun untuk mendapatkan konsistensi yang kental. Oleskan pasta ke seluruh wajah Anda dan biarkan selama beberapa saat. Saat Anda mencucinya, pastikan Anda menggosoknya dengan lembut dengan ujung jari Anda untuk menghilangkan semua kotoran dan kulit mati dari wajah Anda.

Ilustrasi teh hijau. Pixabay.com/Free-Photos

3. Gula dan oatmeal

Bahan luar biasa lainnya untuk orang dengan kulit berminyak dan berjerawat adalah oatmeal. Ini menyerap kelebihan minyak dari kulit Anda dan juga membantu dalam mengobati jerawat, karena sifat anti-inflamasinya. Ambil saja satu sendok makan oat dan tambahkan satu sendok teh gula ke dalamnya. Tambahkan beberapa tetes minyak zaitun atau madu untuk mengubahnya menjadi pasta. Oleskan masker ke seluruh wajah Anda dan biarkan mengering. Gosok dengan lembut saat mencuci dan pastikan Anda tidak melukai wajah Anda dalam prosesnya.

Oatmeal dan madu. Freepik.com

4. Gula dan kunyit

Kunyit adalah bahan ajaib lain untuk kulit, yang sarat dengan manfaat kulit. Ini membantu dalam mengurangi cokelat, melawan jerawat, meringankan lingkaran hitam dan bahkan membersihkan kulit mati. Ambil saja satu sendok makan bubuk kunyit dan tambahkan satu sendok teh gula ke dalamnya. Tambahkan satu sendok teh madu dan aduk rata. Oleskan ke seluruh wajah Anda dan biarkan selama 20 menit. Cuci menggunakan air hangat untuk menghilangkan warna kuning pada wajah.

Ilustrasi Kunyit. shutterstock.com

5. Gula dan tomat

Lulur DIY yang sangat cepat dan nyaman adalah scrub tomat dan gula ini, yang sangat mudah dilakukan. Tomat membantu menenangkan kulit dan bahkan memiliki sifat anti-penuaan. Cukup potong tomat menjadi dua dan oleskan satu sendok teh gula di atasnya. Sekarang gosok dengan lembut ke seluruh wajah Anda. Pastikan Anda melakukannya dengan lembut, karena gula yang keras dapat menggores kulit Anda. Cuci dengan air dan oleskan pelembab.

ilustrasi buah tomat. Shutterstock.com

Baca: Tips Atur Asupan Gula untuk Anak ala Zee Zee Shahab, Cari Bahan Alami

TIMES OF INDIA