Tips Merawat Talenan Kayu, Jangan Lupa Diolesi Minyak dan Mentega

Ilustrasi talenan kayu. Foto: Unsplash.com/Eduard Militaru

ragam

Tips Merawat Talenan Kayu, Jangan Lupa Diolesi Minyak dan Mentega

Minggu, 3 Juli 2022 13:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Untuk menjaga talenan kayu tahan lama, bebas bau, dan tak jadi sarang bakteri, ada sejumlah tips yang sebaiknya dilakukan secara rutin. Ternyata, mengolesi talenan kayu dengan minyak dan mentega berperan penting untuk memperpanjang usia penggunaannya.

"Cara terbaik untuk merawat talenan kayu adalah menggunakan minyak mineral dan kemudian mengoleskan sedikit mentega. Langkah itu akan memperpanjang usia talenan kayu Anda bertahun-tahun," kata John Loftis, pemilik merek talenan premium, The Boardsmith.

Karena kayu umumnya tidak memiliki pengusir kelembapan alami, sangat penting untuk melindungi kualitas itu agar tidak melengkung dan retak serta mengering dengan mengoleskan minyak. Berikut sejumlah tips saat mengolesi talenan kayu menurut Loftis: 

1. Pilih Minyak yang Tepat untuk Digunakan

Ada banyak jenis minyak, tetapi satu hal yang akan direkomendasikan oleh banyak ahli pertukangan kayu seperti John Loftis adalah memastikan Anda memiliki minyak mineral food grade murni.

"Jika Anda menentang produk minyak bumi, Anda bisa menggunakan minyak kelapa olahan," katanya.

Mineral dan minyak kelapa olahan merupakan pilihan yang bagus untuk merawat talenan kayu, karena tidak menimbulkan bau yang menyengat dibandingkan dengan minyak lainnya, seperti minyak kenari atau minyak zaitun.

2. Lapisi Permukaan Talenan Kayu dengan Minyak 

Setelah Anda menemukan minyak yang tepat untuk digunakan, tuangkan ke seluruh talenan kayu di setiap permukaan dan bungkus dengan handuk kertas dan biarkan meresap selama sekitar 15-20 menit.

Setelah talenan kayu tidak lagi direndam dalam minyak, bersihkan kelebihannya, biarkan kering. "Untuk blok daging biji-bijian akhir, dapatkan minimal botol 12oz," kata Loftis, "minyak meresap lebih banyak daripada talenan biji-bijian panjang atau tepi biasa. Jadi Anda akan menggunakan lebih banyak minyak dengan akhiri aplikasi biji-bijian."

3. Oleskan Mentega Khusus Talenan Kayu

Setelah satu atau dua jam berlalu, Loftis juga merekomendasikan penggunaan mentega khusus talenan kayu untuk benar-benar memaksimalkan proses meminyaki. "Mentega talenan adalah campuran lilin lebah murni dan minyak mineral, dan itu semacam konsistensi lilin pasta," katanya.

Oleskan mentega di talenan kayu, lalu ambil handuk kertas dan menyekanya di sekitar permukaan talenan. "Mentega khusus itu berkhasiat mengatasi kelembapan dengan sangat baik, dan juga memberi tampilan papan berkilau."

Seperti halnya produk peralatan dapur lainnya, meminyaki talenan adalah metode yang bagus untuk memastikannya bertahan seumur hidup. Ketika diminyaki setiap minggu, atau sesering tergantung pada penggunaan, talenan kayu dari maple bisa bertahan lebih dari satu dekade penggunaan sehari-hari, sementara talenan kayu dari kayu ceri bisa bertahan 6-8 tahun. 

Baca juga: 7 Kesalahan Umum yang Bikin Peralatan Dapur Tidak Tahan Lama, Menurut Koki

WELL AND GOOD