Cara Menyimpan Buah Persik, Jangan Dicuci dan Perhatikan Kematangannya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi buah persik. Foto: Unsplash.com/LuAnn Hunt

Ilustrasi buah persik. Foto: Unsplash.com/LuAnn Hunt

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Buah persik memiliki warna yang cerah dan rasa manis seperti bunga. Selain lezat disantap secara langsung, buah persik juga enak digunakan dalam hidangan gurih seperti salad Caprese atau bahkan pizza.

Akan tetapi perlu diingat, begitu buah persik dipetik, umurnya pendek dan cenderung mudah bonyok karena kulitnya yang halus. Oleh karena itu, ada sejumlah kiat yang wajib diperhatikan saat menyimpan buah persih agar tetap lezat dan segar saat dimakan. Yuk, kita telusuri bersama.

Cara Menyimpan Buah persik

Baca Juga:

Langkah pertama adalah menentukan apakah buah persik Anda sudah matang atau belum. Jika  cukup keras dan tidak terlalu harum, tandanya belum matang. Maka, simpanlah di atas meja pada suhu kamar dan ditutup dalam satu lapisan (untuk menghindari memar) selama beberapa hari, atau sampai matang. Tanda-tanda buah persik matang adalah aroma wangi semerbak dan meninggalkan bekas saat ditekan lembut kulit buahnya.

Sebaiknya segera makan buah persik yang matang segera. Jika belum mau, simpan di kulkas. Lingkungan yang sejuk akan memperlambat proses pematangan.

Perlu diingat juga, jangan mencuci buah persik yang akan disimpan. Sebab kulit buah persik memiliki pengawet alami untuk membantu melindungi dagingnya. Jadi, pastikan mencuci buah persik tepat sebelum Anda ingin memakannya. 

Baca Juga:

Ilustrasi buah persik atau buah peach. gourmetegypt.com

Cara Menyimpan Buah Persik Potong

Jika memungkinkan, simpan buah persik Anda utuh, karena mengekspos dagingnya akan mempercepat proses pematangan. Namun jika ingin menyimpan buah persik yang sudah dipotong, simpanlah di dalam kulkas dan dapat bertahan hingga empat hari.  Jangan lupa, beri perasan lemon atau jeruk nipis untuk mencegahnya menjadi kecoklatan, lalu masukkan ke dalam wadah tertutup dan dinginkan.

Bisakah Anda Membekukan Buah Persik?

Singkatnya, ya, Anda benar-benar dapat membekukan buah persik. Faktanya, membekukan buah persik adalah ide bagus jika Anda ingin menghindari sisa makanan. Buah persik akan tetap segar di dalam freezer selama sekitar 6-12 bulan. Anda dapat menggunakan buah persik beku untuk berbagai santapan mulai dari selai, oatmeal, smoothie hingga koktail.

Baca juga: Kaya Vitamin C, 6 Buah Ini Dapat Meningkatkan Imunitas di Masa Pandemi

REAL SIMPLE

Iklan

Berita Terkait

Berita terkait tidak ada


Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."