5 Manfaat Air Mentimun untuk Kesehatan Tubuh, Menghidrasi hingga Cegah Peradangan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi air mentimun. Freepik.com/bublihaus

Ilustrasi air mentimun. Freepik.com/bublihaus

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Air mentimun kaya kandungan vitamin dan mineral yang bermanfaat mengatasi peradangan, melancarkan pembuluh darah, dan membantu meredakan pembengkakan kulit. Selain itu, menurut ahli diet terdaftar dan pemilik Kara Lydon Nutrition, Kara Lydon, air mentimun juga berkhasiat menghidrasi tubuh, bahkan disebut lebih baik dari air lemon.

Untuk lebih lengkapnya, berikut manfaat air mentimun untuk kesehatan menurut ahli diet:

1. Kaya antioksidan, vitamin, mineral anti-inflamasi

"Mentimun mengandung vitamin C, potasium, magnesium, vitamin K, vitamin B, mangan, dan tembaga," ungkap Lydon.

"Meskipun sangat sedikit penelitian tentang air mentimun secara khusus, vitamin dan mineral yang ditemukan dalam minuman tersebut terbukti memiliki banyak efek positif."

Lydon menegaskan kandungan vitamin C mentimun cukup signifikan, karena antioksidan yang kuat bisa membantu memerangi stres oksidatif dan peradangan yang terkait dengan penyakit kronis tertentu.

2. Mentimun dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan mendukung kesehatan tulang

Mentimun juga mengandung potasium, yang berperan dalam keseimbangan cairan dan menurunkan tekanan darah. Plus, cukes mengandung vitamin K, yang membantu mendukung kesehatan tulang, jelas Lydon. 

3. Air mentimun dapat membantu Anda tetap terhidrasi

Meskipun dia mencatat bahwa tidak banyak penelitian yang dilakukan tentang konsumsi infused water secara khusus (berlawanan dengan makanan utuh), mengonsumsi air mentimun mungkin merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan hidrasi Anda, terutama jika Anda tidak terlalu tertarik untuk meminum minuman biasa.

“Jika Anda kesulitan untuk minum cukup air, menambahkan mentimun bisa menjadi cara mudah untuk meningkatkan rasa untuk membantu Anda tetap terhidrasi, terutama saat cuaca semakin panas,” ucap Lydon.

4. Mentimun juga merupakan makanan yang paling kaya air

"Orang dewasa harus minum sekitar sembilan hingga tiga belas cangkir air per hari menurut Institute of Medicine," kata Lydon.

Jika Anda kesulitan memenuhi asupan cairan harian Anda hanya dengan air putih, menambahkan penambah rasa seperti mentimun atau buah dan sayuran lainnya dapat mendorong Anda untuk minum lebih banyak, meningkatkan hidrasi secara keseluruhan. Plus, itu pasti membantu bahwa mentimun sangat menghidrasi sendiri, karena terdiri dari 96 persen air, yang menurut Lydon adalah yang tertinggi dari makanan apa pun.

5. Tambahkan elektrolit dalam air mentimun untuk membantu menjaga kadar natrium saat berolahraga

Menurut Lydon, menambahkan elektrolit seperti garam dapat membantu jika Anda melakukan latihan yang lama dan intens—terutama jika di hari yang panas. Itu benar-benar tergantung pada intensitas dan durasi latihan Anda, berapa banyak natrium yang Anda lepaskan saat berkeringat, dan apakah Anda memiliki cukup natrium dalam makanan Anda.

 Dia menambahkan bahwa jika Anda mengalami kram otot setelah berolahraga, itu bisa menjadi tanda ketidakseimbangan elektrolit dan alasan yang baik untuk mencoba menambahkan garam ke air mentimun Anda.

Selain kaya manfaat, air mentimun juga mudah dibuatnya. Anda cukup mengiris tipis mentimun utuh yang bersih dan merendamnya dalam delapan cangkir air dingin yang disaring di kulkas selama setidaknya satu jam dan hingga tiga hari.

Baca juga: 5 Khasiat Makan Mentimun, Bisa Menurunkan Berat Badan dan Cegah Sembelit

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."