Mengisi Akhir Pekan di PRJ 2022, Obati Kerinduan dengan Makan Kerak Telor

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
M. Soleh melayani pembeli yang ingin mencoba gurihnya kerak telor di Jakarta Fair, Jumat 10 Juni 2022. Foto TEMPO/Annisa Apriliyani

M. Soleh melayani pembeli yang ingin mencoba gurihnya kerak telor di Jakarta Fair, Jumat 10 Juni 2022. Foto TEMPO/Annisa Apriliyani

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ingin mengisi akhir pekan bersama keluarga, bagaimana kalau mengunjungi Pekan Raya Jakarta atau PRJ 2022 yang telah buka kembali setelah dua tahun vakum. Nah, salah satu kuliner di PRJ yang kesohor ialah kerak telor.

Makanan khas Betawi, kerak telor, menjadi jajanan favorit para pengunjung di arena PRJ. Makanan yang terbuat dari ketan, telur, dan kelapa sangrai ini memang selalu ada di acara yang juga dikenal dengan Jakarta Fair.

Setidaknya terdapat sekitar 50 pedagang kerak telor yang tersebar di area PRJ di JIExpo, Kemayoran. Sejumlah pengunjung PRJ terlihat mampir untuk membeli makanan bercita rasa gurih dan manis itu.

"Saya suka kayak makan telur dan nasi disatuin gitu, enak rasanya," kata Anna yang ditemui saat membeli kerak telor di PRJ, Sabtu, 15 Juni 2019. Anna mengatakan jajanan Betawi itu sudah menjadi makanan favorit yang pasti dibelinya setiap ia datang ke Jakarta Fair.

"Saya orang Jakarta, saya selalu datang ke Jakarta Fair. Tidak hanya berburu diskon, saya berburu makanan juga, ya salah satunya kerak telor ini," kata wanita yang berasal dari Sunter, Jakarta itu.

Berbeda dengan Anna yang sudah menggemari kerak telor, Surti yang baru mencoba jajanan itu mengaku tercengang. "Ini kan pipih, saya kira cuma untuk camilan tahunya bisa buat kenyang ya," kata wanita yang berasal dari Solo itu.

Penikmat kerak telor lainnya, Amel mengatakan makanan yang dibuat di atas tungku arang itu adalah warisan kuliner yang harus diketahui anak-anaknya. "Kerak telor kan makanan khas Betawi dan orang Jakarta, ya ini warisan yang bisa saya kenalkan ke anak- anak saya," kata ibu dua anak itu.

Kerak telor di Pekan Raya Jakarta dijual mulai dari Rp20.000 per porsi untuk yang menggunakan telur ayam dan Rp25.000 per porsi untuk telur bebek sebagai bahan dasarnya. Selain kerak telor makanan khas Betawi lainnya juga dijual di PRJ seperti tauge goreng, soto mi, dan dodol. 

Yuk mengisi akhir pekan di PRJ bersama keluarga atau teman-teman!

Baca: Usung Konsep Social Space, Habitate jadi Pilihan Nongkrong di Akhir Pekan

CLARA MARIA TJANDRA DEWI H.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."