Sempat Terkena Mental Illness, Luna Maya: Saya Bukan Tipe yang Mudah Nyerah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Luna Maya/Foto: Instagram: Luna Maya

Luna Maya/Foto: Instagram: Luna Maya

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pernah merasa jatuh dan terpuruk, tidak lantas membuat aktris Luna Maya berhenti berkarya begitu saja. Walaupun sempat vakum dari dunia enterrainment yang membesarkan namanya, kini ia semakin bersinar baik dalam karier artis dan dunia bisnis yang ditekuninya.

Melalui Podcast bersama Denny Sumargo yang diunggah Senin, 30 Mei 2022. Pemeran Suzanna ini menceritakan proses jatuh bangunnya hingga sempat mengalami masalah mental illness hingga saat ini bisa melewatinya dengan baik.

"Tabungan mulai menipis, akhirnya gue memutuskan jualan tas. Saat itu gue berpikir saat itu sudah tidak akan ada di dunia entertainment, kayaknya sudah berlalu. Sampai merasakan kena masalah mental illness. Bayangin yang tadinya orang memuja jadi menghujat kan kebayang rasanya."

Waktu itu, lanjut Luna, image sudah rusak pernah tercemar, iklan hilang, kenal cancel culture, dan memulainya kembali dari nol. Prosesnya panjang, bahkan sampai sekarang juga pernah merasa dinomorduakan yang tadinya selalu dinomorsatukan.

Setelah kurun waktu setahun tidak menerima pekerjaan apapun, akhirnya datanglah tawaran tampil di televisi. "Perlu bisa bangkit dari permasalahan yang mengenai image itu bagaimana caranya," tanya Denny.

Luna Maya menceritakan tentang proses penerimaan diri. Foto: Youtube Denny Sumargo.

"Sebenarnya aku ya mengalir saja, lebih banyak proses dengan diri sendiri. Melakukan observasi, ya bareng teman-teman juga. Ternyata hidup ini ya begini bisa jatuh, bangkit, jadi ya hidup tuh rasanya seperti siklus saja. Misal kaya badan gue sakit ya gue olahraga dan jaga kesehatan. Kalau hati sakit yang kaya begini, hari ini gue sedih lalu besok ketawa, terus begitu."

Luna Maya merasa sampai ke titik itu juga tidak mudah, terlebih dengan permasalahan demi permasalahan yang ia hadapi. "Hidup kan cuma ada pilhan, kalau kita ada masalah mau terpuruk atau menghadapinya. Orang boleh jatuhin gpp, mungkin karena gue cewek alfa kali ya dominan dan gak mau dikalahkan, jadi gue ini nggak suka nyerah."

Semangat pantang menyerah itu juga berlaku dalam hidupnya termasuk soal bisnis dan hubungan. "Bagaimana bertahan dalam hubungan, diusahakan terus ya kalau sekarang nggak bisa siapa tahu besok bisa," ucapnya.

Rasanya bagi Luna proses hidup yang ia jalani seperti sedang mengikuti kuliah kehidupan. Saat ini ia merasa seperti terlahir kembali dengan menjalani kisah masa lalunya dan bisa memengaruhi orang lain bagaimana usaha untuk bangkit. "Tau nggak tiap hari masih merasa putus asa, fragille, tapi ya terus pas lagi nggak ada kerjaan ya cari akhirnya," selorohnya.

Baca: Makan Siang bareng Choi Siwon, Luna Maya Bergaya Smart Casual Pakai Kemeja

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."