Kandungan dan Khasiat Tiger Grass untuk Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi tiger grass. Shutterstock

Ilustrasi tiger grass. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Rumput harimau atau tiger grass adalah ramuan yang telah digunakan dalam pengobatan Timur selama berabad-abad. Tumbuhan yang dikenal dengan nama Centella asiatica, cica, atau pegagan adalah jenis seperti rumput biasa, tetapi pada steroid. Tiger grass adalah tanaman asli Asia Tenggara dan dapat tumbuh cukup tinggi seperti bambu.

Bicara soal nutrisi, tiger grass kaya kandungan seperti seng, asam amino, dan beta-karoten. Namun, sebenarnya bukan rumput yang kita cari, melainkan air yang berasal darinya. Karena kaya akan klorofil, produk yang menggunakan tiger grass biasanya berwarna hijau zamrud. Tiger grass juga telah dimasukkan ke dalam banyak produk perawatan kulit hanya untuk karena sifatnya menenangkan. 

Sebenarnya apa saja manfaat tiger grass untuk kulit? Penggunaan yang paling penting dari tiger grass adalah sifatnya penyembuhan. Untuk kulit, itu berarti dapat mempercepat perbaikan segala sesuatu mulai dari bekas jerawat hingga luka dan goresan. Tiger grass juga memiliki saponin anti-inflamasi, yang membantu menenangkan kulit iritasi atau sensitif dan mengurangi kemerahan.

Tiger grass juga kaya antioksidan, baik untuk memperkuat kulit dan melindunginya dari kerusakan lingkungan. Tiger grass bahkan menawarkan manfaat antipenuaan karena berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen dan menghidrasi kulit.

Apakah ada efek samping dari tiger grass? Tiger grass bermanfaat untuk semua jenis kulit, tetapi karena kemampuannya menenangkan, tiger grass sering kali menjadi pilihan utama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif atau kondisi seperti eksim, psoriasis, atau rosacea (atau benar-benar kemerahan). Seperti halnya bahan baru yang Anda perkenalkan ke rutinitas perawatan kulit, jika Anda khawatir tentang kemungkinan munculnya iritasi saat pertama kali mengaplikasikan tiger grass, lakukan pengujian di lengan atau dada Anda untuk melihat bagaimana kulit Anda bereaksi terhadap.

Baca juga: Ketahui Manfaat Asam Glikolat untuk Kulit dan Efek Sampingnya

POP SUGAR

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."