Brand Modest Indonesia Melenggang di Kazan Summit, Ada Batik Cirebon

Keikutsertaan Indonesia Modest Fashion Day di International Economic Summit Russia-Islamic World: Kazan Summit melibatkan brand modest Indonesia/Doc. Markamarie

mode

Brand Modest Indonesia Melenggang di Kazan Summit, Ada Batik Cirebon

Rabu, 25 Mei 2022 11:08 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - International Economic Summit, Russia-Islamic World: Kazan Summit menampilkan event Modest Fashion Day sebagai bagian dari event tahunan di Kazan- ibukota Republik Tatarstan, Russia. Di acara yang digelar oleh Tatarstan Investment Development Agency ini. Dari tanggal 19-20 Mei, ada 12 desainer dari 6 negara, termasuk brand modest Indonesia akan memamerkan koleksi terbarunya dan 2 talkshow bisnis modest fashion akan menampilkan berbagai pembicara yang ahli di bidangnya.

Acara tahunan ekonomi internasional Russia-Islamic World: Kazan Summit yang dibuat untuk menciptakan Kerjasama antara Russia dengan negara-negara Islam. Penyelenggaraan ke 13 International Economic Summit ini akan mendiskusikan soal ekonomi, sosial ekonomi yang dibangun berdasarkan system berbagi sumber daya, halal industry, Islamic Finance, youth diplomacy, perkembangan ekspor, entrepreneurship dan investasi. Modest fashion memiliki highlight sendiri di gelaran Modest Fashion Day.

Modest Fashion Day diharapkan dapat menjadi platform untuk menampilkan potensi industri ini baik secara market maupun talent di wilayah Rusia dan sekitarnya. tema Aesthetic of Modern Modesty; brand-brand dari Russia, Tatarstan, Uzbekistan, Kazakhstan dan Indonesia, menampilkan koleksi terbaiknya dari ready to wear, sportswear hingga evening wear.

Keikutsertaan Indonesia Modest Fashion Day di International Economic Summit Russia-Islamic World: Kazan Summit melibatkan brand modest Indonesia/Doc. Markamarie

Para brand tersebut adalah Buro Banu, INSHELLÍNE, Kuzma by Natalia Kuzmenko, Restu Pratiwi (Indonesia), Li Scarf (Indonesia), Sultan Saliev, Anaras (Indonesia), Asheri (Kazakshtan), Al Shiira dan Bloombia. Dengan headliners: AKHMADULLINA, salah satu desainer terbaik Rusia dan Azukar Moreno (Uzbekistan/Spain) yang dikenal sebagai desainer terbaik di Central Asia.

Ketika berbicara tentang Russia dan Modest Fashion, negara ini adalah rumah bagi lebih dari 25 juta muslim. Dengan akar budaya muslim yang kuat – di hampir semua suku/kebangsaan Rusia, negara ini jadi begitu multi-kultur. Islam telah hadir di Rusia dan teritorinya sejak 1400 tahun lalu. Di tanggal 20 Mei juga akan terdapat perayaan 1100 tahun- hadirnya Islam oleh The Great Volga Bulgary (daerah asal bangsaTatar).

“Modest Fashion bukan hanya untuk Wanita muslim. Tidak lagi terikat dengan agama tertentu. Modest Fashion adalah fashion yang tidak lekang waktu,” tutur Taliya Minullina, Chief Executive- Tatarstan Investment Development Agency, badan pemerintah dari Republik Tatarstan.

Keikutsertaan Indonesia Modest Fashion Day di International Economic Summit Russia-Islamic World: Kazan Summit melibatkan brand modest Indonesia/Doc. Markamarie

Dilyara Sadrieva, co-founder of Modest Russia & Regional Director of Council of Modest Fashion Russia & CIS – menjelaskan tentang dinamika modest fashion di Russia. Sebagian besar Muslim secara historis tinggal di Moskow, Tatarstan, Ural, Kaukasus, dan di seluruh Rusia. Dan tentu saja, itu berdampak besar pada pakaian nasional tradisional masyarakat yang membuat gaya modest fashion di Russia menjadi begitu heterogen.

"Pasar modest fashion di negara-negara CIS memiliki potensi yang sangat besar tetapi terkadang tidak dikenal dan diremehkan di skala dunia karena banyak yang belum tahu tentang industry fashion di kawasan ini. Banyak merek dan desainer kami mengikuti event di luar negeri dan mendapatkan apresiasi yang baik sehingga mereka memiliki pelanggan di seluruh dunia."

Alena Akhmadullina, desainer, founder dari brand AKHMADULLINA, salah satu brand paling terkenal di Rusia berbicara tentang partisipasi mereka di Modest Fashion Day, "Kami akan menghadirkan koleksi AKHMADULLINA Middle East di Modest Fashion Day kali ini, koleksi ini dibuat berdasarkan preferensi pelanggan kami yang menyukai gaya modest fashion. Ini adalah salah satu tren mode yang paling menarik bagi saya, dan telah menarik perhatian saya sejak lama. Selama dua tahun sekarang, saya telah membuat koleksi khusus yang menafsirkan gaya AKHMADULLINA ke dalam gaya modest fashion yang khas."

Acara ini terselenggara atas kerjasama Council of Modest Fashion, #Markamarie dan ModestRussia. Modest Fashion Day diharapkan dapat menjembatani di Rusia dan dunia melalui kolaborasi. Industri modest fashion di dunia sangat dinamis. Setiap negara, setiap daerah memiliki keunikan dan tantangannya masing-masing.

"Modest Fashion punya akar kuat pada budaya, itulah sebabnya keragaman gaya sangat menonjol dari satu negara ke negara lain. Kami mendukung talenta mode sederhana di seluruh dunia, mereka perlu terhubung lebih baik untuk menjangkau khalayak yang lebih luas,” kata Franka Soeria, Modest Fashion Expert yang juga dikenal sebagai Global Head of Council of Modest Fashion & Co-founder #Markamarie.

Keikutsertaan Indonesia Modest Fashion Day di International Economic Summit melibatkan desainer dan brand modest Indonesia yang dibawa oleh #Markamarie, aggregator fashion dari Indonesia yang juga merupakan event organizer dari Modest Fashion Day kali ini.

Keikutsertaan Indonesia Modest Fashion Day di International Economic Summit Russia-Islamic World: Kazan Summit melibatkan brand modest Indonesia/Doc. Markamarie

Tiga brand yaitu Restu Pratiwi, Anaras dan Li Scarf memamerkan karyanya untuk event ini. Restu Pratiwi yang sebelumnya telah memamerkan koleksinya di Ankara-Turki di event Introducing Indonesia, April 2021 lalu, kini kembali dengan koleksi yang mengangkat batik Cirebon Angkinan. Li Scarf mewakili gaya sporty dari Indonesia, bermain dengan cutting dan print bunga- memadukan warna gelap dan pastel. Anaras, pendatang baru dalam dunia mode- menampilkan koleksi modestwear yang minimalis. 

Selain peragaan busana, pada 20 Mei juga akan ada business talk yang menghadirkan pakar dari berbagai bidang. Dilyara Sadrieva bersama Rajae El Mouhandiz (Belanda/Maroko/Aljazair), Kamola Rustamova (Uzbekistan & Spanyol), Pinar Pehlivan (Turki) dan pembicara dari Rusia; Anna Rykova, Ivan Fedorov, Olga Steinberg dan Svetlana Alekseeva akan membahas tentang Modest Fashion as Instrument of Intercultural Communication (Mode Sederhana sebagai Instrumen Komunikasi Antarbudaya).

Sementara talkshow lainnya dipimpin oleh Franka Soeria membahas tentang The Business of Modesty bersama Tika Mulya (Indonesia), Muhammad Bukhary (Turki), Musfira S Sulaiman (UEA) dan Sabina Khamid, Amina Gyaurgieva dan Dilyara Fatkullina dari Rusia.

Acara ini terselenggara atas kerjasama Council of Modest Fashion, #Markamarie dan ModestRussia. Modest Fashion Day diharapkan dapat menjembatani industri modest fashion di Rusia dan dunia melalui kolaborasi.

Baca:  Modest Fashion Lokal Melenggang di Dubai Expo, Ada Batik dan Tenun