Modest Fashion Lokal Melenggang di Dubai Expo, Ada Batik dan Tenun

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Koleksi Batik Chic tampil di  Dubai Expo/Foto: Doc. #Markamarie

Koleksi Batik Chic tampil di Dubai Expo/Foto: Doc. #Markamarie

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Indonesia Modest Fashion Day powered by Bank Indonesia menampilkan 18 desainer/brand Indonesia dan dua brand UAE yang mengolah tekstil Indonesia menjadi koleksi ready to wear di Dubai, Uni Emirate Arab.

Tgl 13 maret lalu, gelaran Dubai Expo 2022 mengadakan show modest fashion pertamanya. Mengangkat total 20 desainer termasuk dua lokal brand dari dubai, acara yang diadakan di depan Paviliun Indonesia ini dimaksudkan untuk merayakan keberagaman wastra Indonesia dan budayanya- melalui kolaborasi fashion yang unik.

Event ini adalah bagian dari Bank Indonesia Special Week at Expo 2020 dan Road to G20 Presidency of Indonesia 2022. Bank Indonesia sebagai salah satu pendukung bisnis sharia di Indonesia menciptakan IKRA sebagai platform untuk membangun ekosistem yang berkelanjutan di sektor muslim/modest fashion dan juga makanan dan minuman halal.

IKRA Indonesia yang merupakan singkatan dari Industri Kreatif Syariah Indonesia adalah inisiasi dari Bank Indonesia dan Vivi Zubedi Indonesia Foundation yang melingkupi pengembangan bisnis syariah secara holistik, pengembangan kapasitas, penguatan branding, sertifikasi, akses pembiayaan dan procurement market lokal dan internasional. Tujuan dari IKRA Indonesia untuk meningkatkan penetrasi dan kompetensi produk Indonesia di market global.

Koleksi Tethuna tampil di Dubai Expo/Foto: Doc. #Markamarie

Franka Soeria, co-founder #Markamarie and founder of Council of Modest Fashion berkomentar, "Modest Fashion adalah industri terbesar di Indonesia. Perbedaan utama dari produk Indonesia dengan produk lain di seluruh dunia adalah kentalnya pengaruh budaya di produk-produk kita."

"Budaya kita diterjemahkan dalam desain ready to wear dan menghasilkan koleksi yg unik dan sarat akan sentuhan seni yang bermakna. Kita membawa pilihan lain ke dalam arena global modest fashion," ucapnya melalui siaran pers, Kamis 17 Maret 2022.

Safiya Abdallah, Founder Dulce by Safiya berkomentar tentang tekstil Indonesia, "Awalnya saya hanya melihat lewat foto dan sudah tertarik, ketika saya menerima kainnya di tangan saya - saya jatuh cinta! Kualitas desainnya sangat indah dan unik" ujarnya yang mengolah kain dari Putrimas dan Tenun Pringgasela.

Noora Al Alawi, Creative Sirector dari Nuna Atelier berkata, "Saya cukup terkejut ketika tahu kain Indonesia cara pembuatannya begitu sulit dan semua handmade. Kualitas dan standar dari kain kain yang saya terima sangatlah tinggi. Saya semangat mengolah kain ini ke dalam desain desain saya," ujarnya ketika menerima kain dari Agung Bali Collection.

Nuna yang karya-karyanya kerap dipakai oleh artis Hollywood ini memadankan koleksinya dengan karya Indonesia yaitu aksesoris dari Lamops , jam dari Pala Nusantara dan tas Rorokenes.

Koleksi desainer Itang Yunasz di Dubai Expo/Foto: Doc. #Markamarie

Dengan highlight bertajuk Artisanal Touch of Modest Fashion, fashion show ini menampilkan womenswear dan menswear dari berbagai penjuru Indonesia yaitu Wearing Klamby, Itang Yunasz dan para anggota IKRA: Tethuna, Roemah Kebaya Vielga, Thiffa Qaisty, Ija Kroeng, Fatih Indonesia, Bermock, Tenun Gaya by Wignyo, Lamops, Rorokenes Indonesia, Pala Nusantara, Batik Chic. Serta 5 brand IKRA yang diikut sertakan untuk exhibition yaitu Anggia Syari, Sanet Sabintang, Ina Priyono, Gi Scarf by Tuty Adib dan Charlie Bravo.

Penamilan yang unik adalah tampilnya dua brand UEA yaitu Dulce by Safiya dan Nuna Atelier mengolah kain nusantara dan memadankan koleksinya dengan aksesori buatan Indonesia.

Event yang mengangkat karya nusantara sebagai highlight ini mendapat sambutan baik dari media, influencer dan buyer di UEA. Indonesia Modest Fashion Day diliput oleh media terkemuka seperti Vogue Arabia, Dubai TV, Gulfnews, Arabnews dan Al Khaleej. Masyarakat Dubai pun mengapresiasi karya desainer Indonesia dengan baik.

Event Indonesia Modest Fashion Day diadakan oleh Bank Indonesia bekerjasama dengan #Markamarie dan didukung oleh ITPC Dubai, KBRI Riyadh, KJRI Dubai, Ikra Indonesia, G20, BBI dan Codemodest.

Baca: Gaya Modest Andien di Fashion Show Aleza, Padukan Rok Plisket dan Sweater

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."