Cara Membeli, Menyimpan, dan Membekukan Semangka

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi buah semangka. shutterstock.com

Ilustrasi buah semangka. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Semangka adalah salah satu buah favorit di cuaca panas karena manis dan kaya kandungan air. Untuk menikmati kesegaran tersebut, ada sejumlah kiat yang perlu diperhatikan dari membeli, menyimpan hingga membekukan semangka.

Cara Membeli Semangka

Berapa pun ukuran atau jumlah biji yang diinginkan, pastikan Anda memilih semangka dengan bagian luar yang kokoh. Jika Anda dapat menekan jari Anda ke dalamnya, itu pertanda semangka yang tidak baik.

Cobalah membeli semangka yang tidak penyok saat ditekan bagian luarnya. Sebab tanda tersebut dapat menyebabkan pematangan yang berlebihan. Saat Anda mengetuk semangka, lalu terdengar hampa seperti drum, itu berarti buah tersebut dalam kondisi baik.

Cara Menyimpan Semangka

Jika Anda tidak akan langsung memakan semangka, taruh di atas meja, tetapi jauhkan dari sinar matahari langsung. Kementerian Pertanian Amerika Serikat atau USDA merekomendasikan untuk menyimpan semangka pada suhu kamar untuk menjaga nutrisi dan rasa. Di ruangan dengan pendingin ruangan atau cuaca sedang, semangka segar akan baik-baik saja diletakkan di meja selama satu hingga dua minggu. Menurut Dewan Semangka, 55 derajat adalah suhu ideal untuk menyimpan semangka utuh.

Jika semangka Anda sudah matang dan Anda tidak punya waktu untuk memakannya, jangan panik. Tapi jangan diiris juga. Simpan semangka ke dalam lemari es, di mana ia akan tetap segar selama dua hingga tiga minggu lagi. Suhu dingin lemari es akan memperlambat proses pematangan.

Cara Menyimpan Semangka Potong

Pastikan Anda mencuci bagian luar semangka secara menyeluruh dan gunakan pisau  tajam untuk mengiris bagian bawah kulitnya. Pastikan semua potongan semangka terbungkus rapat dalam wadah penyimpanan makanan kedap udara atau dengan bungkus plastik di kulkas untuk menjaga tekstur dan kesegarannya.

Cara Menyimpan Jus Semangka

Jus semangka yang terbaik saat dingin, jadi simpan di lemari es dalam wadah tertutup hingga empat hari. Cairannya mungkin sedikit terpisah, jadi kocok saja sebelum Anda meminumnya.

Cara Menyimpan Kulit Semangka

Sebelum Anda membuang kulit yang Anda pisahkan dari daging semangka Anda, pertimbangkan untuk mengasinkannya! Acar kulit semangka adalah bumbu Selatan yang populer, dan dapat digunakan dalam berbagai hidangan atau hanya dimakan sebagai camilan. Anda juga bisa memanggang, merebus, menggiling kulit semangka menjadi gazpacho, memotongnya menjadi quiche, menggunakannya sebagai perlengkapan charcuterie, dan banyak lagi. 

Cara Membekukan Semangka

Ya, Anda bisa membekukan semangka, tetapi jangan membekukan buahnya secara utuh. Semangka utuh di dalam freezer akan menjadi kotor, tidak mungkin untuk diiris kecuali dicairkan (dan sangat lembek pada saat itu), dan, tergantung pada kandungan jus yang sebenarnya, mungkin benar-benar pecah di dalam freezer Anda!

Konon, membekukan semangka dapat menghasilkan hasil yang cukup lezat, dan merupakan cara yang bagus untuk mencegah pemborosan makanan. Semangka beku akan tetap segar di dalam freezer selama sekitar satu tahun. Untuk membekukan semangka dengan benar, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Potong semangka menjadi potongan-potongan kecil. Bentuk bola atau kubus jadi pilihan karena mudah digunakan dalam berbagai hidangan.
  • Buang bijinya.
  • Taruh potongan semangka di atas loyang yang dilapisi kertas roti, pastikan tidak saling bersentuhan.
  • Tempatkan baki di dalam freezer selama beberapa jam untuk membekukan potongan tersebut. Tanda sudah beku saat semangka sudah berubah menjadi keras.
  • Pindahkan potongan semangka ke wadah atau tas penyimpanan yang aman untuk freezer, beri label tanggalnya, dan masukkan ke dalam freezer.

Anda dapat menggunakan potongan semangka ke dalam minuman musim dingin, seperti air soda, limun, atau koktail musiman. Jika Anda ingin membuat jus semangka, bekukan dalam cetakan es loli untuk suguhan yang menyegarkan. Semangka beku juga bisa menjadi lezat dalam smoothies atau dicampur ke dalam campuran koktail.

Baca juga: Makan Buah Semangka Bisa Jaga Kesehatan Usus sampai Cegah Depresi

REAL SIMPLE

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."