Kreasi Resep untuk Sang Juara, Grilled Salmon dan Kailan Dua Rasa

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Grilled Salmon/Foto: Doc. Dapur Umami

Grilled Salmon/Foto: Doc. Dapur Umami

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Berlaga di nomor gaya punggung putra 100 meter dan 50 meter perenang Indonesia asal Bali - I Gede Siman Sudartawa (Siman) kembali mengharumkan nama bangsa dengan merebut medali perunggu untuk cabor renang nomor gaya punggung putra 50 meter pada gelaran SEA Games ke-31 di Vietnam.

PT Ajinomoto Indonesia melalui program ‘Winning Meals Kachimeshi’ turut mendukung Siman untuk meraih prestasi tertinggi dalam gelaran SEA Games tahun ini. Kachimeshi “Winning Meals” atau “Makanan Sang Juara” merupakan kelanjutan program global Ajinomoto yang berpusat di Jepang yang mendukung para atlet dan pecinta olahraga melalui perencanaan menu bergizi, pemberian bimbingan gizi terkontrol sesuai kebutuhan sehari-hari dan tes antropometrik berkala untuk mengetahui komposisi atau struktur tubuh atlet.

Di negara maju, gizi para atlet sudah diperhatikan bertahun-tahun sebelum mereka bertanding. Asupan gizi menjadi hal mendasar yang harus diperhatikan dalam menopang prestasi para atlet di dunia olahraga internasional untuk meraih prestasi. Guna mencapai tingkat kebugaran yang maksimal, semua program ‘Winning Meals Kachimeshi’ tersebut dilakukan mulai dari masa latihan hingga saat kompetisi.

Head of Public Relations Department –  PT Ajinomoto Indonesia Grant Senjaya mengatakan “Kami sangat bangga dan antusias dapat mendukung atlet renang kebanggaan bangsa - Siman melalui persiapan terpadu mulai dari latihan fisik yang dibina oleh pelatih terbaik serta pengaturan pola makan atau asupan gizi yang paling ideal yang diawasi oleh ahli gizi terpercaya.

Makanan yang kami rancang dan dikonsumsi Siman setiap harinya adalah hasil dari perhitungan ilmiah dari kebutuhan energi sehari-hari berdasarkan pola dan volume latihan setiap hari yang Siman jalani baik di kolam renang maupun latihan fisik di luar kolam. ‘Winning Meals Kachimeshi’ ini kami lakukan secara konsisten untuk membentuk kinerja Siman agar selalu berada dalam level tertinggi, sehingga Siman semakin lebih siap dan percaya diri untuk menghadapi kejuaraan”.

Tidak hanya atlet yang menjadi fokus dari program ‘Winning Meals Kachimeshi’, pihaknya terus berkomitmen dan berkontribusi terhadap asupan gizi keluarga Indonesia dengan hanya menawarkan produk terbaik. “Kami terus melakukan berbagai kegiatan edukasi perihal kecukupan gizi, serta pemeliharaan kebiasaan hidup sehat ke masyarakat luas.

Makanan yang memenuhi syarat gizi seimbang memegang peranan vital bagi atlet dalam mencapai prestasi optimal. Menu yang dikonsumsi atlet memiliki karbohidrat, protein yang tinggi serta rendah garam akan tetapi harus disesuaikan dengan kondisi dan perhitungan kebutuhan dari para atlet. Selain itu, menu yang bervariasi dan lezat juga perlu diperhatikan dalam pemilihan menu sehari-hari.

Nah, berikut kreasi resep untuk sang juara atau bagi kalian yang aktif berolahraga persembahan Dapur Umami yang bisa kamu coba.

1. Grilled Salmon

Bahan:

150 gr Salmon Fillet
½ sdt Oregano
0.5 gr Garam (Na 195 mg)
0.5 gr Ajinomoto (Na 6 mg)

Cara membuat:

1. Lumuri salmon dengan oregano, merica, Ajinomoto dan garam
2. Panaskan wajan anti-lengket, bakar ikan hingga matang kedua sisinya. Angkat
3. Tata di atas piring pelengkap, sajikan segera.

Nilai nutrisi Grilled Salmon: Kalori 219 Kkal, Protein 32 gram, dan Lemak 9 gram.

2. Kailan Dua Rasa

Kailan Dua Rasa/Foto: Doc. Dapur Umami

Bahan:

150 gr Baby Kailan
3 siung Bawang Putih Cincang
1 sdm Bawang Putih Goreng
1/8 sdt Cabai Bubuk
2 sdm Gula
1 bungkus Masako Rasa Ayam 11 gr
4 sdm Minyak Goreng
500 ml Air

Cara membuat:

1. Pisahkan batang kalian dan daunnya, iris daun kalian, sisihkan.
2. Buat rebusan: Panaskan air, masukkan gula, ¾ bungkus Masako Rasa Ayam dan batang kailan, masak hingga batang kalian empuk dan matang, angkat, tiriskan.
3. Panaskan 2 sdm minyak goreng, masukkan daun kalian, tumis hingga matang, angkat dan tiriskan.
4. Panaskan sisa minyak goreng, tumis bawang putih hingga harum, tambahkan daun kailan goreng, cabe bubuk dan sisa Masako Rasa Ayam, aduk rata.
5. Tata rebusan batang kailan dan tumisan daun kalian, taburi bawang putih goreng, sajikan.

Nilai nutrisi Kailan Dua Rasa: 689 Kkal, Protein 5 gram, Karbo 36 Gram, Lemak 46 gram, Serat 3 gram.

Baca:  Kreasi Resep Cookpad Tumis Jamur Tanpa Minyak, Cocok untuk Diet

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."