5 Fakta KKN di Desa Penari, Berlokasi di Banyuwangi?

Dalam film KKN di Desa Penari, Tissa Biani memainkan karakter Nur yang dikenal dengan sosok yang religius. Wanita kelahiran 2002 itu pun menggunakan hijab untuk mendukung karakter tersebut. instagram.com/tissabiani

ragam

5 Fakta KKN di Desa Penari, Berlokasi di Banyuwangi?

Rabu, 18 Mei 2022 14:59 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, JakartaKKN di Desa Penari jadi salah satu film yang kini jadi incaran para pecinta film horor. Film ini sudah tayang di bioskop sejak 30 April 2020, film ini selalu menjadi sorotan bagi warganet. Meskipun awalnya sempat mengalami penundaan penayangan, tapi antusiasme penonton tak menurun. Disutradarai oleh Awi Suryadi, berikut ini merupakan beberapa fakta mengenai film tersebut.

1. Berawal dari Twitter

KKN di Desa Penari pada awalnya merupakan sebuah kisah yang dibuat oleh akun @SimpleM81378523, sebelum dijadikan novel dan dibuat versi filmnya. Kisah itu viral pada tahun 2019 di Twitter, utas tersebut menceritakan tentang sekelompok mahasiswa yang tengah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di salah satu desa yang terletak di Jawa Timur pada tahun 2009.

2. Memiliki dua versi cerita

Dalam tulisannya, Simple Man membuat dua versi cerita dari KKN di Desa Penari. Ia menceritakan kejadian tersebut dari dua sudut pandang yang berbeda, ada versi milik Nur dan Widya. Mereka saling berhubungan, pada versi Nur menjelaskan hal-hal yang masih menjadi misteri yang belum terpecahkan pada sudut pandang milik Widya.

3. Bukan hanya diikuti oleh 6 mahasiswa, tapi 14 mahasiswa

Dalam versi kisah di Twitter dan filmnya, KKN di Desa Penari hanya diikuti oleh satu kelompok yang beranggotakan 6 orang. Namun, pada faktanya penulis mengungkapkan bahwa kisah sebenarnya terdiri dari 14 orang mahasiswa. Hanya saja penulis memang memfokuskan kisah tersebut pada hubungan 6 orang itu. Mereka yang terlibat ialah Widya, Nur, Ayu, Wahyu, Bima, dan Anton.

4. Lokasi asli kejadian

Dalam cerita tersebut, penulis menyamarkan nama tempat kejadian. Dia hanya menyebutkan bahwa lokasi KKN berada di sebuah kabupaten di Jawa Timur dengan inisial B. Meskipun hanya ditulis seperti itu, tapi warganet mencoba menebak-nebak. Mereka menyebut Bondowoso dan Banyuwangi, lebih tepatnya condong ke Banyuwangi. Sebab di daerah itu terdapat dua hutan yaitu Alas Purwo dan Alas Gumitir.

5. Tembus 6 juta penonton

Sejak film tersebut dirilis hingga tanggal 16 Mei 2022, KKN di Desa Penari terus mencetak rekor peningkatan penayangan. Hingga hari itu, film tersebut telah disaksikan lebih dari 6 juta penonton. Angka yang cukup tinggi hingga menjadikannya sebagai film horor terlaris sepanjang masa. Selain itu, biaya produksi yang digelontorkan pun tak sedikit. Diketahui, Manoj Punjabi selaku produser telah mengeluarkan dana sekitar Rp 15 miliar.

Baca: Film KKN di Desa Penari Sukses di Pasaran, Pakar Marketing Ungkap 3 Faktornya

DIAH RETNO ANDANI