Mieke Wijaya Dikabarkan Meninggal, Simak Kiprahnya di Industri Film Indonesia

Mieke Widjaja. Foto: IG Mieke Wijaya.

ragam

Mieke Wijaya Dikabarkan Meninggal, Simak Kiprahnya di Industri Film Indonesia

Rabu, 4 Mei 2022 01:55 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Kabar duka datang di hari kedua Lebaran, aktris senior Mieke Wijaya dikabarkan meninggal dunia dalam usia 82 tahun. Kabar ini didapat melalui pesan berantai yang dikirimkan oleh keluarga Mieke. Disebutkan bahwa aktris peraih tiga Piala Citra ini meninggal pada pukul 19.30 WIB.

"Innalillahi wainna ilaihi rojiiun. Telah meninggal dunia Mama, Nenek, kami tercinta Hj. MIEKE WIDJAJA pada hari Selasa, 3 Mei 2022 jam 19.30 dlm usia 82 tahun," tulis isi pesan tersebut dikutip pada Selasa,3  Mei 2022.

"Mohon diampuni segala kesalahan-kesalahannya dan semoga Amal ibadahnya diterima Allah SWT," lanjutnya.

Belum disebutkan secara rinci penyebab dari kepergian Mieke. Rencananya, jenazah akan dikebumikan pada hari Rabu, 4 Mei 2022 di TPU Tanah Kusir, Jakarta.

Mieke Wijaya diketahui lahir pada 17 Maret 1939, kemudian menikah dengan Dicky Zulkarnaen dan memiliki beberapa orang anak, di antaranya Nia Zulkarnaen, Tirza Valentina Zulkarnaen, Barman Morgana Zulkarnaen, Ade Miskarana Zulkarnaen.

Ia terlibat dalam berbagai film di era 1950-an. Dari film "Gadis Kerudung Putih", "Kembang Semusim" dan "Ranjang Pengantin". Ia adalah salah satu pejuang film Indonesia yang telah berkarier sejak tahun 1950-an. Peran sebagai Nana dalam film Tiga Dara 1956 menjadi daya tarik tersendiri pada masa itu, peran antagonis begitu melekat apalagi dalam film Dimana Kau Ibu, emosi penonton campur aduk dibuatnya.

Film Tiga Dara. Foto: Bioskop Online.

Mieke mendapat Piala Citra Festival Film Indonesia untuk kategori Aktris Terbaik. Pemeran Utama Wanita Terbaik 1967 Gadis Kerudung Putih 1981 Kembang Semusim, Aktris Pembantu Terbaik Festival Film Indonesia 1975 (Ranjang Pengantin), Best Supporting Actress Asian Television Award 1996 (Antara Jakarta - Perth), dan Lifetime Achievement Festival Film Bandung 2011.

Selain Tiga Dara, Mieke juga menjadi bintang dalam film Ranjang Pengantin (1974), Kawin Lari (1974), Gadis HItam Putih (1985), hingga Ayat Ayat Cinta (2008). Meski sudah berusia senja, Mieke juga cukup aktif dalam bermain sinetron termasuk "Kemilau Cinta Kamila", "Anak-Anak Manusia" dan "Catatan Hati Seorang Istri"