Mulai Mager Menyiapkan Menu Sahur? Yuk Coba 3 Resep Praktis Ini

Ilustrasi omelet (Pixabay.com)

kuliner

Mulai Mager Menyiapkan Menu Sahur? Yuk Coba 3 Resep Praktis Ini

Senin, 25 April 2022 03:15 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Puasa Ramadan tinggal hitungan hari, ide menyiapkan menu sahur juga mulai berkurang. Namun, bukan berarti Anda tidak sahur, sebab seperti yang Anda tahu sahur dapat mengisi energi selama seharian berpuasa.

Seperti yang dikatakan oleh ahli diet dari India Nour Zibdeh yang menyarankan agar memilih makanan seimbang yang menggabungkan karbohidrat kompleks dengan protein dan lemak sehat, agar lebih bertenaga.

Sama pentingnya untuk tetap terhidrasi. Nour menganjurkan untuk minum satu atau dua cangkir air di pagi hari sebelum sahur, dan kemudian makan tanpa air sehingga tidak membuat Anda kenyang saat makan.

“Pikirkan di mana lagi Anda bisa mendapatkan cairan selain air, seperti melalui buah-buahan dan sayuran.” Menambahkan bahan-bahan seperti irisan mentimun adalah salah satu cara mudah.

Nour juga membagikan kreasi resep untuk menu sahur yang praktis dan kaya nutrisi. Plus, semuanya dapat disiapkan malam sebelumnya atau dibuat dengan cepat menjelang sahir, sehingga Anda tidak perlu tidur terlalu lama untuk membuatnya.

Kuncinya ialah setiap resep berisi campuran seimbang dari karbohidrat kompleks, protein, dan lemak sehat, ditambah bahan-bahan yang mengandung air untuk hidrasi.

1. Pancake Ubi

Pancake. Freepik.com/Topntp26

Keluarkan daging dari 1 ubi jalar sedang yang dipanggang dan didinginkan ke dalam mangkuk kecil. Tambahkan 2 butir telur dan sedikit garam; tumbuk dan aduk untuk menggabungkan. Aduk bersama 2 sendok makan sirup maple dan 1 sendok makan tahini; menyisihkan. Panaskan wajan antilengket di atas sedang-tinggi. Tambahkan 1/4 cangkir adonan, masak 3 menit, balik perlahan, masak 3 menit lagi. Ulangi dengan sisa adonan. Sajikan pancake atas dengan 1 apel kecil cincang dan saus maple atau sesuai selera. 

2. Omelet Bayam

Omelet Bayam. shutterstock.com

Kocok 2 butir telur besar dan sejumput masing-masing garam dan merica dalam mangkuk kecil. Lelehkan 1/2 sendok makan mentega tawar dalam wajan antilengket kecil di atas api sedang-rendah. Tambahkan 1 cangkir bayam; masak hingga layu. Tambahkan telur; miringkan wajan sehingga melapisi bagian bawah.

Dorong perlahan telur matang dari tepi ke tengah dengan spatula, beri ruang untuk telur mentah dan membentuk gelombang di telur dadar. Masak hingga pinggirannya mengeras dan bagian tengahnya basah namun tidak berair lagi, 2 menit. Setengah bagian atas dengan 1/2 cangkir tomat cincang. Lipat setengah lainnya di atas isian dan sajikan omelet selagi hangat.

3. Buncis & Sayuran Cincang

Campurkan 1 cangkir buncis matang, 1/2 cangkir mentimun cincang, 1/2 cangkir tomat cincang, jus 1 lemon kecil, dan gerimis minyak zaitun dalam mangkuk. Bumbui dengan garam dan lada hitam yang baru digiling. Taburi dengan 1/2 cangkir keju cottage dan dressing dengan minyak zaitun.

Baca: Menu Sahur Pakai Smoothies Oatmeal, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

THE KITCHN