Menu Sahur Pakai Smoothies Oatmeal, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Oatmeal dan madu. Freepik.com

kuliner

Menu Sahur Pakai Smoothies Oatmeal, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Senin, 18 April 2022 03:18 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Makanan yang ideal untuk sahur adalah hidangan yang mudah dibuat tanpa menghabiskan banyak waktu. Oatmeal menjadi salah satu pilihan makanan praktis untuk menu sahur.

Jika kamu bosan dengan oatmeal yang didiamkan semalaman di dalam kulkas, coba resep smoothies oatmeal yang mudah dibuat berikut ini:

Bahan:

Sepertiga cup rolled oatmeal1/8 cup almond mentah, utuh atau cacah1 sdm biji labu1 sdm biji bunga matahari1 sdm cokelatAir atau susu atau yogurt cair 250 ml

Cara membuat: 

1. Rendam almond semalaman (bila mentah, kupas kulit), atau 15 menit (bila sudah dicacah). Tiriskan.2. Rendam oatmeal selama 15 menit. Tiriskan.3. Blender semua bahan. 4. Tambahkan buah sesuai selera. Oatmeal siap dinikmati.

Tahukah kamu, jika oat adalah salah satu biji-bijian paling sehat yang termasuk gandum utuh bebas gluten dan sumber vitamin, mineral, serat, dan antioksidan penting.

Studi menunjukkan bahwa oatmeal memiliki banyak manfaat kesehatan. Ini termasuk penurunan berat badan, menurunkan kadar gula darah, dan penurunan risiko penyakit jantung.

Berikut sederet manfaat kesehatan oatmeal untuk kesehatan:

1. Gizi seimbang

Oat adalah sumber karbohidrat dan serat yang baik, termasuk serat beta-glukan yang kuat. Oat juga merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang baik, dengan keseimbangan asam amino esensial yang baik.

Oat sarat dengan vitamin, mineral, dan senyawa tanaman antioksidan penting. Setengah cangkir (78 gram) gandum kering mengandung.

2. Gandum utuh kaya akan antioksidan

Gandum utuh kaya akan antioksidan dan senyawa tanaman bermanfaat yang disebut polifenol. Yang paling menonjol adalah kelompok antioksidan unik yang disebut avenanthramides, yang hampir hanya ditemukan dalam gandum (4Trusted Source).

Baik penelitian lama maupun baru telah menemukan bahwa avenanthramides dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah dengan meningkatkan produksi oksida nitrat. Molekul gas ini membantu melebarkan (melebarkan) pembuluh darah dan menghasilkan aliran darah yang lebih bai.

3. Turunkan kadar kolesterol

Oat dapat menurunkan kadar kolesterol dan melindungi kolesterol LDL dari kerusakan. Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian secara global. Salah satu faktor risiko utama adalah kolesterol darah tinggi.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa serat beta-glukan dalam gandum efektif dalam mengurangi kadar kolesterol total dan LDL (buruk). Beta-glukan dapat meningkatkan pelepasan empedu yang kaya kolesterol, yang mengurangi kadar kolesterol yang bersirkulasi dalam darah Anda.

Oat juga dapat melindungi kolesterol LDL (jahat) dari oksidasi. Oksidasi kolesterol LDL (jahat) terjadi ketika bereaksi dengan radikal bebas. Ini adalah langkah penting lainnya dalam perkembangan penyakit jantung. Ini menghasilkan peradangan di arteri, merusak jaringan, dan dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Bagaimana, mudah bukan menyiapkannya.

Baca: Menu Sahur Selain Nasi yang Kaya Nutrisi, Ada Pilihan Kentang dan Ubi

ANTARA | HEALTHLINE