Hindari Jenis Makanan Ini saat Mudik, Simak Penjelasan Ahli Gizi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi mudik. TEMPO/Subekti

Ilustrasi mudik. TEMPO/Subekti

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Dokter Spesialis Konsultasi Gizi Klinik dari Rumah Sakit Pelni, dr. Jovita Amelia, Sp.GK berpesan kepada masyarakat yang menyetir kendaraan pribadi saat mudik agar menghindari makanan tinggi karbohidrat dan lemak guna menghindari kantuk saat mengemudi.

Jovita yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia itu mengatakan, jenis makanan tinggi lemak dan karbohidrat mengandung elemen yang menyebabkan lelah atau mengantuk setelah Anda menyantapnya yakni serotonin dan triptofan.

Serotonin berperan dalam regulasi mood dan siklus tidur. Sementara triptofan membantu tubuh memproduksi serotonin. Triptofan sendiri merupakan asam amino yang terdapat di dalam protein dan karbohidrat dapat membantu tubuh mengabsorbsi triptofan.

"Karena itu, hindari makanan tinggi karbohidrat dan protein untuk menghindari mengantuk," ujar dia melalui pesan elektroniknya.

Mengutip Medical News Today, triptofan umumnya ditemukan dalam ikan salmon, daging unggas, telur, bayam, biji-bijian, susu, produk kedelai dan keju. Sementara makanan yang diketahui mengandung tinggi karbohidrat antara lain nasi putih, kue, kue kering, donat, muffin, susu dan permen.

Makanan tinggi lemak juga diketahui bisa menyebabkan kantuk, karena melepaskan cholecystokinin (CCK) yang berhubungan dengan rasa lelah.

Di sisi lain, menurut Jovita, jumlah makanan juga berpengaruh terhadap munculnya kantuk. Dia mengatakan, makan dalam jumlah besar biasanya lebih menyebabkan mengantuk.

"Ini karena terjadi peningkatan gula darah dan akan diikuti oleh penurunan level energi," kata dia.

Penurunan energi khususnya di siang hari bisa sangat berbahaya bagi orang yang bekerja dalam kondisi berisiko, seperti mereka yang mengoperasikan mesin atau kendaraan.

Hal lainnya yang juga berkontribusi pada risiko mengantuk sepanjang hari yakni kurang tidur di malam hari. Seseorang yang cukup tidur di malam hari cenderung mengalami penurunan energi yang signifikan. Tidur siang sebentar di siang hari bisa membantu Anda mengurangi risiko mengantuk.

Baca: 4 Kiat Menjaga Kebugaran Tubuh selama Perjalanan Mudik Lebaran

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."