Menu Sahur Selain Nasi yang Kaya Nutrisi, Ada Pilihan Kentang dan Ubi

Ilustrasi kentang panggang dengan rempah-rempah di atas cast iron. Freepik.com/Timolina

kesehatan

Menu Sahur Selain Nasi yang Kaya Nutrisi, Ada Pilihan Kentang dan Ubi

Minggu, 17 April 2022 03:35 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta -  Ketika akan berpuasa, umat Islam disunahkan untuk makan sahur. Namun, adakalanya kita malas untuk makan makanan berat ketika sahur, misalnya saja nasi. Nah, lalu adakah makanan lain yang bisa menjadi pengganti sumber karbohidrat untuk menu sahur? Tentu saja ada. 

Menyantap makanan pengganti nasi saat sahur pada dasarnya tidak dilarang asalkan tetap memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Berikut adalah sejumlah makanan pengganti nasi yang bisa disantap saat sahur:

1. Jagung

Jika sedang malas makan nasi, Anda bisa menjadikan jagung sebagai makanan pengganti saat sahur tiba. Jagung memiliki mineral 2 kali lipat dari beras. Ia kaya akan omega-6, yaitu lemak baik untuk kesehatan. Kadar lemaknya pun relatif tinggi jadi memberi rasa kenyang lebih lama. Kandungan serat jagung juga tiga kali lipat lebih banyak dari beras, sehingga bermanfaat bagi pencernaan.

2. Ubi rambat

Pilihlah ubi rambat warna kuning. Ia kaya akan vitamin A (karoten) yang mana merupakan sumber antioksidan bagi kulit. Dengan berat yang sama, energi ketela rebus kupas sama dengan setengah energi dari nasi. Ubi rambat juga baik bagi yang sedang menurunkan berat badan karena ia rendah kalori. Sementara itu, kandungan mineralnya tiga kali lipat nasi, serta kaya akan serat. Namun ketela gampang memproduksi gas. Jadi jangan terkejut, pemakan ketela sering buang angin.

Ilustrasi ubi panggang. shutterstock.com

3. Kentang

Kentang mengandung kalori, serat, potasium, karbohidrat, magnesium, folat, vitamin C, dan vitamin B6. Ia dapat menjaga kesehatan pencernaan, sehingga Anda terhindar dari gangguan pencernaan selama menjalani ibadah puasa.

4. Roti Gandum

Melansir dari Live Strong, kandungan protein dan serat dalam roti gandum lebih tinggi dari roti tawar biasa. Selain itu, mengonsumsi roti gandum membantu untuk menjaga kesehatan jantung. Namun, sebaiknya konsumsi roti gandum dengan makanan sehat lainnya, seperti buah-buahan atau sayuran. Selain dapat membuat ibadah puasa Anda berjalan dengan baik, mengonsumsi roti gandum dapat membantu untuk mendapatkan berat badan yang stabil.

Baca: Menu Sahur Simpel ala Dinda Hauw, Nasi Telur Sudah Cukup