Refleksi Diri ala Ayushita, Hal Penting dalam Meraih Mimpi dan Cita-cita

Ayushita/Foto: Instagram/Ayushita

ragam

Refleksi Diri ala Ayushita, Hal Penting dalam Meraih Mimpi dan Cita-cita

Kamis, 14 April 2022 21:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris dan penyayi Indonesia Ayushita mengatakan refleksi diri merupakan salah satu hal penting dalam proses meraih cita-cita dan mimpi.

"Buatku penting untuk refleksi diri atau melihat ke diri sendiri dahulu, mengenal diri sendiri, sebelum akhirnya percaya diri dalam menggapai mimpi kita," kata Ayushita dalam jumpa pers daring, Kamis, 14 April 2022. 

Ia menambahkan, pandemi menjadi saat dirinya banyak berdiam dan melihat ke diri sendiri untuk kemudian kembali bangkit dan berkarya.

Lebih lanjut, pemain karakter Murni dalam "Just Mom" (2021) tersebut mengungkapkan, ketika kecil, ia memiliki sebuah "dream book" atau buku dimana ia menuliskan mimpi-mimpinya.

Menurutnya, buku tersebut membantunya untuk kemudian ia coba manifestasikan di masa depan. Hal lain yang Ayushita sebutkan penting dalam menggapai cita-cita adalah keberanian dan pola pikir bahwa kehidupan bukanlah sebuah kompetisi.

"Ketika kita melihat kesuksesan baik perempuan maupun laki-laki, berapa pun umurnya, tua maupun muda, pada akhirnya itu bukan sebuah kompetisi atau patokan karena setiap orang memiliki kelebihan masing-masing," kata Ayushita.

"Dalam mengejar mimpi, berani dan memiliki sikap selaras dengan hal yang kita sukai dan (mau berproses) dalam trial and error dalam hidupnya. Ada asam-garam kehidupan. Sebagai manusia, jangan berkecil hati ketika memiliki intuisi dalam mengejar sesuatu," ujarnya menambahkan.

Pemeran Dea dalam film "Cerita Kejar Mimpi The Movie" (2022) tersebut melanjutkan, orang-orang terdekat pun dapat menjadi inspirasi dalam berproses untuk meraih cita-cita. "Generasi sekarang pun memiliki pahlawannya sendiri," katanya.

Ayushita kemudian berbagi tantangannya dalam berkarya di masa pandemi. Menurutnya, walaupun kasus positif COVID-19 cenderung menurun dan pembatasan mobilitas sudah mulai dilonggarkan, penting untuk diingat bahwa pandemi belum usai.

"Sebagai pemain film, (ketika syuting) kita tidak memakai masker. Namun, ketika off cam, aku menyadarkan diri kalau pandemi belum berakhir. Kita harus aware agar bisa tetap produktif bekerja. Ini adalah ikhtiar agar kita semua sehat," kata Ayushita.

Baca: Film Just Mom Tayang 27 Januari 2022, Ayushita Perankan ODGJ