4 Cara Meringankan Gejala Menopause, Cek Asupan Diet

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi menopause. shutterstock.com

Ilustrasi menopause. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menopause tidak bisa dihindari oleh para wanita. Menopause adalah transisi alami dalam kehidupan seorang wanita saat siklus menstruasinya berakhir. Bersamaan dengan hal tersebut, terdapat beberapa gejala yang kadang menimbulkan rasa tidak nyaman. Perubahan suasana hati, gangguan tidur, sensasi rasa panas atau hot flashes, buang air kecil lebih sering, vagina kering dan lainnya. Beberapa masalah tersebut memang tidak dialami oleh setiap wanita. Namun, ada cara meringankan gejala menopause.

Ahli gizi Lovneet Batra dari India mengatakan diet sehat dapat membantu meringankan gejala menopause. Dia juga membagikan diet apa saja yang bisa dikonsumsi oleh pada wanita yang sedang mengalami menopause, seperti dilansir Indian Express pada Jumat 8 April 2022.

1. Diet kaya protein

Cara meringankan gejala menopause pertama adalah dengan diet kaya protein. Makan protein secara teratur dapat membantu mencegah hilangnya massa otot tanpa lemak yang terjadi seiring bertambahnya usia. Jadi, wanita yang mengalami menopause harus makan lebih banyak protein, sekitar 60-75 gram protein dan untuk setiap kali makan tambahkan 20-25 gram protein berkualitas. Makanan kaya protein termasuk daging, ikan, telur, kacang-kacangan dan susu.

2. Konsumsi asam lemak omega-3

Cara meringankan gejala menopause selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi asam lemak omega-3. Menurut penelitian, omega-3 dapat menurunkan frekuensi hot flashes dan intensitas keringat pada malam hari. Makanan yang kaya asam lemak omega-3 termasuk ikan berlemak (makarel, salmon dan ikan teri) dan biji-bijian seperti biji rami, biji chia, dan biji sabja.

3. Makan makanan kaya kalsium, vitamin D, magnesium dan vitamin K

Cara meringankan gejala menopause berikutnya adalah dengan banyak makan yang kaya akan vitamin D, magnesium dan vitamin K. Perubahan hormonal selama menopause dapat menyebabkan tulang melemah sehingga meningkatkan risiko osteoporosis. Jadi, tingkatkan konsumsi produk susu (yoghurt, keju, dan susu), lentil, pseudocereals (amaranth), kacang-kacangan dan biji-bijian.

4. Tambahkan makanan yang mengandung estrogen nabati

Cara meringankan gejala menopause yang terakhir adalah dengan tambah makanan yang kaya akan estrogen nabati. Fitoestrogen adalah senyawa tanaman alami yang dapat meniru efek estrogen dalam tubuh. Oleh karena itu, mereka dapat membantu menyeimbangkan hormon. Makanan yang kaya fitoestrogen termasuk kedelai dan produk kedelai, tahu, tempe, biji rami, buncis, kacang tanah. Sertakan juga makanan yang kaya serat dan antioksidan (biji-bijian, buah-buahan dan sayuran) untuk mendukung kesehatan jantung.

Baca: Sebelum Menopause, Wanita Perlu Konsumsi 8 Vitamin Ini

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."