4 Waktu Terbaik Olahraga saat Puasa, Bisa Sebelum Santap Sahur

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi wanita olahraga. Freepik.com

Ilustrasi wanita olahraga. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM , Jakarta - Berpuasa bukan halangan bagi Anda untuk menjaga kebugaran melalui latihan fisik maupun berolahraga. Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan tentang olahraga saat puasa, yakni pemilihan waktu dan durasi.

Antara pola tidur yang mengganggu dan kekurangan cairan, mempertahankan rutinitas olahraga yang normal selama bulan Ramadan bisa jadi sulit. Namun, agar tetap sehat selama bulan suci, meluangkan waktu untuk berolahraga akan membantu menjaga tingkat energi, pikiran jernih, dan metabolisme stabil.

"Bulan puasa tidak menahan Anda. Sebaliknya, sebaliknya, sebaiknya Ramadan sebagai waktu untuk mengisi ulang energi sehingga Anda dapat berolahraga dengan kuat setelah empat minggu ini," kata Ahmed Al Sayed , pelatih pribadi di Fitness First

Sebagai seseorang yang menjalankan puasa sendiri, Al Sayed berfokus pada tiga aspek kebugaran dasar di setiap latihan: latihan kekuatan, latihan kekuatan , dan fleksibilitas. “Alasan saya memprioritaskan kekuatan otot adalah karena massa otot akan memperlambat metabolisme Anda. Tujuan harus menghindari keduanya: kehilangan otot dan penurunan tingkat metabolisme Anda, ” katanya.

“Ketika berbicara tentang kardio, saya merekomendasikan sesi intensitas ringan, terbatas pada 30 menit jarak lambat dan stabil, setiap hari. Ingat, Anda akan mengalami dehidrasi, sehingga tubuh Anda akan menggunakan penyimpanan lemak Anda sebagai sumber energi, terutama jika Anda melakukan kardio sebelum berbuka puasa.

Namun, fakta bahwa Anda kehabisan tenaga berarti tekanan darah Anda mungkin turun saat awal atau bahkan setelahnya, jadi jangan lewatkan latihan dan pendinginan.

"Demikian pula, ketika Anda memulai latihan ketahanan Anda, pilihlah latihan yang menargetkan tubuh bagian atas sebelum tubuh bagian bawah untuk menghindari penurunan tekanan darah Anda selama atau sebelumnya," ucapnya .

Ilustrasi wanita olahraga. Freepik.com/Racool_studio

Waktu terbaik untuk berolahraga

Selama puasa, dengan suhu tinggi dan tidak ada cairan dari matahari terbit hingga terbenam, Anda akan membahayakan kesehatan Anda dengan terlalu berlebihan terhadap diri sendiri. Tidak disarankan untuk melakukan latihan kardio yang intens dan latihan beban berat saat berolahraga. Anda juga harus mengurangi rutinitas Anda menjadi dua sesi selama seminggu sepanjang bulan Ramadan. Berikut adalah empat pilihan terbaik untuk berolahraga selama Ramadan, menurut Fitness First :

90 menit sebelum matahari terbenam

Olahraga ringan menuju bagian hari yang lebih dingin berarti Anda dapat segera mengisi kembali diri Anda dengan udara, dan menuai manfaat dari berolahraga dengan perut kosong. Namun, latihan apa pun yang dilakukan saat ini ringan dengan lebih banyak latihan ketahanan, harus beban rendah, dan banyak peregangan. Ini juga saat yang tepat untuk jalan kaki atau jogging ringan.

Setelah makan malam Anda

Meskipun kardio bisa sulit dilakukan dengan perut kenyang, sekitar satu jam setelah buka puasa adalah waktu yang tepat untuk latihan beban. Pada hari-hari Anda berencana untuk berolahraga setelah makan, Anda mungkin ingin menambahkan sedikit makanan ekstra untuk mengisi bahan bakar tubuh Anda, dan memastikan Anda minum banyak air untuk rehidrasi.

Antara jam 11 malam dan 2 pagi

Untuk malam hari, waktu terbaik untuk berolahraga mungkin antara jam 11 dan 2 malam, setelah makanan Anda memiliki sedikit waktu untuk mengendap dan tubuh Anda sepenuhnya terhidrasi . Jika Anda telah berhasil beristirahat di sore hari, berolahraga pada saat ini bisa menjadi hal yang baik, karena lebih dari siang hari, dan akan membuat Anda tidur beberapa jam lagi sampai Anda bangun untuk memulai hari.

Antara jam 3 pagi dan 4 pagi

Untuk bangun pagi, waktu terbaik untuk berolahraga mungkin sebelum sahur pagi Anda. Dengan cara ini, Anda akan memiliki energi dari makan malam sebelumnya, namun perut kosong. Anda dapat menghidrasi saat berolahraga dan setelah selesai, makan lagi untuk mengisi bahan bakar. Metode ini juga akan membuat Anda mendapatkan energi untuk hari ke depan.

Baca: Tiga Waktu Terbaik Untuk Olahraga Saat Puasa

THE NASIONAL NEWS

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."