Memahami Break the Bias di Tempat Kerja, Setiap Orang Punya Kesempatan Sama

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi peningkatan kualitas tenaga kerja dari lulusan SMK dan Pendidikan Vokasi. Foto: freepik

Ilustrasi peningkatan kualitas tenaga kerja dari lulusan SMK dan Pendidikan Vokasi. Foto: freepik

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Nestlé Indonesia menunjukkan ambisi yang kuat dalam mempertahankan keragaman dan inklusi yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya perusahaan tersebut. Salah satunya yaitu dengan memperlihatkan dukungan untuk kesetaraan gender melalui berbagai upaya yang dilakukannya di termpat kerja.

Hal ini bertujuan untuk mewujudkan break the bias dengan memberikan kesempatan yang sama kepada tiap orang tanpa memandang gender, termasuk pemimpin perempuan. 

"Nestlé sangat serius dalam melihat isu kesetaraan gender, karena kami yakin peran perempuan sangat penting. Kami mendorong perempuan agar semakin berdaya dan berkontribusi dengan melakukan hal yang setara tanpa adanya diskriminasi," kata Fahrul Irvanto sebagai HR Director Nestlé Indonesia. Ia juga mengungkapkan akan terus mendukung adanya pemberdayaan perempuan dan meninjaunya baik secara kualitatif maupun kuantitatif.

Diketahui saat ini terdapat sekitar 43 persen peran manajerial di perusahaan Nestlé tersebut diduduki oleh perempuan dari seluruh dunia. Selain itu, Nestlé juga memberikan berbagai upaya yang direlisasikan guna mendukung kesetaraan gender seperti halnya memberikan berbagai dukungan untuk karyawan perempuan ketika masa kehamilan. Dengan memberikan cuti hingga 10,5 bulan bagi orang tua sebagai pengasuh utama bayi, serta cuti selama 4 minggu dalam setahun bagi orang tua sebagai pengasuh pendamping.

Di samping itu, adanya fasilitas-fasilitas yang sangat memadai dan mendukung upaya kesetaraan gender ini benar-benar membuat Nestlé sebagai perusahaan yang menghargai akan adanya kesetaraan gender. "Kami juga memberikan fasilitas, kami menggunakan standar terbaik yang bisa dimanfaatkan ibu-ibu ini untuk menjalankan perannya secara profesional maupun personal ditempat kerja," ujar Fahrul pada 31 Maret 2022.

Fasilitas-fasilitas tersebut diantaranya adalah Mother's Room yang digunakan sebagai tempat untuk ibu menyusui menjalankan perannya secara personal. Lalu, adapula Pop Up Daycare yang digunakan sebagai tempat untuk menitipkan anak saat orang tua tengah menjalankan perannya secara profesional. Ada juga In House Healthcare untuk peningkatan kesehatan dan lain sebagainya.

"Nestlé Indonesia, everyday is womens day. Kami memberikan ambisi kami untuk memberikan dukungan terbaik terhadap karyawan perempuan untuk berkontribusi dan untuk tumbuh bersama kami di Nestlé," tutup Fahrul.

Dia juga mengungkapkan bahwa Nestlé juga telah mendapatkan pengakuan dan penerima penghargaan di dalam Indeks Kesetaraan Gender (GEI) Bloomberg 2022 selama empat tahun berturut-turut dengan skor keseluruhan mencapai 78 persen yang menjadi skor tertinggi bagi Nestlé sejauh ini.

Baca: Champions for Action, Dorong Kesetaraan Gender di Dunia Kerja

DIAH RETNO ANDANI

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."