4 Masalah Kulit yang Sering Dialami saat Puasa

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi bibir kering dan pecah-pecah. Shutterstock.com

Ilustrasi bibir kering dan pecah-pecah. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Puasa menjadi suatu agenda wajib bagi umat Islam yang harus dilaksanakan bagi mereka yang mampu. Namun, di samping itu rupanya ada beberapa masalah kulit yang bisa terjadi apabila tidak dijaga dengan baik ketika sedang berpuasa.

Dokter spesialis kulit dan kelamin Aninda Marina menjelaskan berbagai masalah kulit yang rentan terjadi saat puasa dalam diskusi Virtual Media Briefing Bamed pada 31 Maret 2022. Permasalahan yang sering dialami kulit pada saat seseorang berpuasa, yaitu:

1. Kulit kering

Saat berpuasa seseorang tidak makan dan minum sekitar 14-16 jam, seperti halnya intermittent fasting yang merupakan salah satu jenis diet yang berorientasi pada waktu. Apabila tidak menjaga kesehatan kulit dengan benar, karena tidak adanya asupan air maka upaya mengembalikan cairan tubuh akan berlangsung buruk hingga menyebabkan kulit dapat mengalami dehidrasi. Hal ini dapat menimbulkan kulit terlihat bersisik, pecah-pecah, kering, bahkan terasa gatal.

Konferensi Pers Virtual bertajuk 'Siap hadapi Ramadhan untuk keluarga Indonesia' pada 31 Maret 2022

2. Bibir kering

Masalah kulit ini juga kerap dialami oleh seseorang yang sedang menjalani ibadah puasa. Hal ini disebabkan karena kurangnya asupan cairan yang membuat bibir mudah kering hingga pecah atau luka, dan pada tahapan parah bisa membuat bibir terasa gatal dan nyeri. Selain itu, kebiasaan menjilat bibir juga dapat memperburuk kondisi kekeringan pada bibir hingga dapat menyebabkan eksim di bibir.

3. Wajah tampak kusam

Apabila tidak dirawat dengan baik, maka bisa menyebabkan wajah menjadi tampak kusam. Masalah kulit ini juga dapat disebabkan oleh dehidrasi serta kurangnya tidur yang membuat kulit juga terlihat kurang cerah, gelap, serta menyebabkan tampilan kulit tampak sayu.

4. Jerawat

Saat berpuasa, jerawat juga bisa timbul. Hal ini disebabkan karena pada waktu berbuka puasa mengonsumsi makanan manis ataupun berminyak yang berlebihan, sehingga dapat menimbulkan munculnya jerawat. Apalagi dengan kurangnya tidur yang akan mengganggu ritme sikardian normal sehingga mempermudah pertumbuhan jerawat.

Baca: Kenali 3 Bahan Skincare yang Bisa Menghilangkan Flek Hitam di Kulit Wajah

DIAH RETNO ANDANI

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."