Jelang Ramadan 2022, Simak 5 Tips Menjaga Kulit Wajah Tetap Sehat dan Kencang

Ilustrasi perawatan kulit. Unsplash.com/Pressfoto

kecantikan

Jelang Ramadan 2022, Simak 5 Tips Menjaga Kulit Wajah Tetap Sehat dan Kencang

Selasa, 29 Maret 2022 05:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, JakartaJelang Ramadan 2022, penting sekali untuk mempersiapkan diri supaya tetap tampil fresh anti kusut, dari mulai menjaga pola makan, perawatan kulit, pola tidur dan juga olahraga. Medical Expert Dokter Bianca Alianajla menyebutkan bahwa salah satu yang perlu diperhatikan ketika berpuasa adalah menjaga hidrasi dari dalam dan luar.

“Ketika bulan Ramadan, kulit wajah rentan dehidrasi. Selain itu, tradisi “berbukalah dengan yang manis” dengan berbagai menu takjil yang mengandung kadar gula tinggi, dapat menyebabkan gangguan produksi kolagen dalam kulit sehingga dapat berdampak pada elastisitas kulit dan bisa memicu pertumbuhan jerawat. Selain itu, bangun di tengah malam untuk makan sahur apabila tidak dibarengi dengan tidur yang cukup dapat menghambat proses regenerasi kulit,” papar Bianca melalui siaran pers, Minggu 27 Maret 2022.

Agar tetap tampil sehat dan glowing luar dalam selama bulan Ramadan, Bianda membagikan tips yang bisa dilakukan. Tidak perlu mahal-mahal perawatan kulit di klinik kecantikan atau meminum suplemen yang mahal. Bisa mulai dari hal sederhana yang bisa dilakukan setiap harinya secara konsisten.

1. Memperhatikan pola makan selama berpuasa

Seperti yang sudah sering kita dengar, “you are what you eat”. Segala sesuatu yang kita makan berpengaruh besar terhadap kondisi kesehatan kita. Baik itu kesehatan dalam maupun kesehatan bagian terluar yaitu kulit. Maka dari itu kita perlu menjaga pola makan dengan mengurangi konsumsi gula berlebih, mengurangi gorengan, dan yang terpenting adalah memperhatikan makronutrisi di setiap makanan.

Selama berpuasa, tubuh kita tidak menerima asupan makanan dan air selama kurang lebih 13 jam. Dengan mengonsumsi protein, karbohidrat dan serat yang cukup akan mendukung badan tetap bugar selama berpuasa. Makanan sehat dan bergizi juga akan memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh kulit. Konsumsi makanan yang tinggi antioksidan seperti buah dan sayur, lemak sehat dari alpukat, minyak ikan, dan kacang-kacangan. Semakin sehat makanan yang kita konsumsi, semakin sehat juga kondisi kulit kita.

2. Hydration is Key!

Ilustrasi kulit wajah/Foto: Freepik

Selain menjaga pola makan, jangan lupa untuk memperhatikan asupan air untuk tubuh. Terlebih lagi saat berpuasa. Minumlah air putih minimal 2 liter per hari untuk menjaga hidrasi tubuh dan juga kulit. Minum air putih yang cukup tidak hanya berfungsi untuk mengganti cairan tubuh yang hilang, namun juga membantu hidrasi dan memperbaiki sel kulit karena sebagian besar sel kulit kita terdiri dari air. Dan jangan lupa untuk menghidrasi kulit menggunakan toner yang mampu menghidrasi secara optimal dan memiliki banyak manfaat untuk kulit. 

3. Tidur yang Cukup

Meskipun berpuasa, kita tetap melaksanakan aktivitas seperti biasanya. Maka dari itu selain kita menjaga pola makan dan memperhatikan hidrasi, kita perlu menjaga tidur yang cukup, karena tidur yang berkualitas mampu memperbaiki berbagai kerusakan jaringan dalam tubuh kita akibat radikal bebas, virus dan bakteri, serta polusi.

4. Menggunakan Skincare yang tepat dan aman

Dari berbagai jenis skincare yang ada, sesuaikanlah dengan kebutuhan kulit dan jenis kulit. Gunakanlah produk skincare yang memiliki kandungan yang baik untuk menutrisi kulit. Selalu gunakan moisturizer dan sunscreen secara rutin untuk menjaga kulit tetap lembab dan terlindung dari paparan sinar UV. 

5. Face Fitness untuk melatih otot wajah

Selain menerapkan pola hidup sehat dan menggunakan produk perawatan kulit yang aman, perlu juga melakukan face fitness untuk melancarkan aliran darah di sekitar wajah agar cantik bersinar dan kencang. Demo dari tim Superface.id menjelaskan bahwa face fitness bermanfaat untuk mengencangkan otot-otot wajah, meningkatkan sirkulasi darah, menstimulasi produksi kolagen dan elastin pada kulit, serta membuat wajah lebih kencang dan memberi kesan lifting. Face fitness dapat dilakukan secara rutin dan bisa menggunakan beauty tools seperti jade roller, guasha, ataupun ice roller.

Perlu kita ketahui, bahwa wajah dan leher kita memiliki banyak otot yang mengontrol gerakan wajah kita. Sekitar 40 otot wajah bekerja saat kita mengerut, dan 17 otot bekerja saat kita tersenyum. Teknik gerakan yang bisa dilakukan adalah stretch, knuckling (mengetukkan jari pada wajah), faceballing (menggunakan face roller/ice roller), dan pinching. Manfaatnya sangat baik untuk melatih otot wajah kita.

ILLO Natural Skincare/Foto: Doc. Pribad

CEO ILLO Natural Skincare Maliha Matta mengatakan menjelang puasa Ramadan ini adalah momen yang tepat untuk mengedukasi dan memberikan tips kepada para perempuan bagaimana tampil sehat dan glowing anti kusut di bulan Ramadan, karena tampil cantik dan fresh luar dalam adalah dambaan setiap perempuan.

"ILLO Natural Skincare dibuat menggunakan lebih dari 90 persen bahan baku alami yang diolah menggunakan teknologi terbaru. Perpaduan antara bahan aktif dan bahan pilihan yang saling melengkapi, diformulasikan dengan standar dermatologist yang aman bagi kulit sensitif, ibu hamil & menyusui. Skincare berbahan dasar natural dapat menutrisi kulit karena membantu proses regenerasi kulit secara maksimal untuk menghasilkan kulit sehat alami," ujarnya. 

Baca: Jelang Ramadan 2022, Ria Miranda Wujudkan Impian Buka Gerai di Pondok Indah Mall