Cerita Lulu Tobing Umrah, Terpanggil saat Pandemi dan Banyak Dibantu Sahabat

Lulu Tobing, aktris. Foto: Instagram/@lutob

ragam

Cerita Lulu Tobing Umrah, Terpanggil saat Pandemi dan Banyak Dibantu Sahabat

Senin, 21 Maret 2022 11:40 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris, Lulu Tobing tengah jalani ibadah umrah. Sebelum keberangkatannya ke Mekkah, ia bagikan curahan hati dan persiapan fisik maupun mental sebelum pergi umrah.

Ia mengaku kerap diajak umrah sebelum pandemi Covid-19 melanda di dunia. Tapi ia selalu menolak ajakan tersebut karena belum ada keinginan dari diri sendiri. Panggilan hati untuk pergi umrah itu baru muncul saat pandemi.

"Padahal jaman itu belum ada virus yang mengerikan kaya sekarang. Justru disaat keadaan ga senyaman dan seaman dulu malah ada keinginan untuk pergi," tulisnya di Instagram, Sabtu, 19 Maret 2022.

Ia lanjut berkisah pada Februari silam, sahabatnya yang juga pemilik Junicha Travel, Alex Jahja, mengabarkan bahwa jemaah asal Indonesia telah bisa kembali menjalani umrah. 

"Langsung semangat minta dijelasin semuanya. Akhirnya setelah jelas dan (semoga) sanggup, saya memutuskan untuk ikut pergi. Pelan-pelan menyiapin semua dokumen dan semua yang diperlukan untuk kepergian bulan Maret, keputusan utk pergi awal Februari kemarin," tutur bintang sinetron Tersanjung itu.

Ia mengatakan awalnya deg-degan dan ada ketakutan. Sebabnya, ia pergi sendirian dan harus mengurus semua sendirian. Padahal, ia sudah terbiasa mengurus segala hal secara mandiri. Lagi-lagi, rasa itu tumbuh karena ini perjalanan rohani pertamanya ke rumah Allah.

Ia juga berterima kasih kepada Alexa yang sabar menjelaskan setiap detail persiapan administrasi dan sederet perubahan peraturan di Arab Saudi kepadanya. Lulu tak memungkiri bahwa ia sempat bimbang antara pergi atau tidak karena melihat situasi pandemi dan kondisinya. Tapi, seiring waktu dan doa, ia mantap pergi ke Tanah Suci. 

Terkait urusan vaksin meningitis dan busana, Lulu juga banyak dibantu sejawatnya. 

"Mereka tau ini pengalaman pertama buat saya. Dari mulai jenis tas, sepatu, kaus kaki, dll. Kl ga ada info dari mereka bisa jadi saya salah bawa.. Akhirnya rasa takut berangsur hilang..lama² jadi makin tenang," jelas perempuan 44 tahun itu.

Sebelum berangkat umrah, ia menghubungi Melati Ira, yang disapanya dengan guru pemahaman tersayang.

"Saya dikasih siraman yang menenangkan pengingat bahwa Allah akan terus bersama saya. Dan menjadikan kesempatan ini untuk instropeksi diri dan menemukan kode² dari Allah yang menjadi vitamin bagi saya," tukasnya.

Di ujung keterangan unggahanya, ia kembali berterima kasih kepada teman-teman dan sejawat yang membantunya dalam persiapan umrah. Ia mengibaratkan mereka seperti malaikat-malaikat yang dikirim Allah untuk membantunya.

"Sungguh bersyukur untuk segala kemudahan yang diberikan.Pamit ya.. Mohon doa semoga kepergian saya diberikan kelancaran dan kemudahan. Mohon maaf atas segala kesalahan," tutupnya.

Di kolom komentar unggahan tersebut, sejumlah sahabat yang juga rekan selebriti menuliskan doa untuk kelancaran Lulu beribadah, termasuk Happy Salma. "Peluk sayang… di lancarkan ibadahnya, selalu bangga dan selalu ikut bahagia untuk proses tumbuhmu teh…(emoji hati merah)," tulis Happy yang bersahabat dengan Lulu Tobing lebih dari dua dekade.

Baca juga: Gaya Andalan Lulu Tobing Bernuansa Monokrom Kasual