Manfaat Wortel untuk Kulit, Tingkatkan Produksi Kolagen hingga Mencerahkan

Ilustrasi wortel. Shutterstock

kecantikan

Manfaat Wortel untuk Kulit, Tingkatkan Produksi Kolagen hingga Mencerahkan

Kamis, 17 Maret 2022 16:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Khasiat wortel untuk kesehatan sudah kerap kita dengar, terutama mencegah penyakit dan kerusakan mata. Kali ini, kita mengulik manfaat wortel untuk kulit. Tumbuhan dengan nama latin daucus carota ini kaya beta-karoten yang berdampak baik pada tampilan kulit.

Menurut Corey L. Hartman, MD, dokter kulit bersertifikat dan pendiri Skin Wellness Dermatology, sebagian besar produk perawatan kulit yang mengandung wortel dibuat dengan ekstrak wortel atau minyak biji wortel yang kaya akan beta-karoten aktif. Dia menjelaskan bahwa bahan yang kaya antioksidan ini juga dapat mengurangi peradangan dan melindungi kulit dari stresor lingkungan seperti polusi.

“Beta-karoten diubah menjadi vitamin A, yang dikenal untuk mengatasi berbagai tanda penuaan – membantu meningkatkan produksi kolagen, meningkatkan pergantian sel. tingkat, yang membantu mengencangkan dan mencerahkan kulit,” kata Dr. Anar Mikailov, MD, dewan dermatologis bersertifikat dan pendiri KP Away, dikutip dari Well + Good, Rabu, 16 Maret 2022.

Mengingat retinol juga kaya akan vitamin A, kedua bahan tersebut memiliki beberapa kesamaan—yaitu, kemampuannya untuk meningkatkan pergantian sel dan produksi kolagen. Namun demikian, Dr. Mikailov mengingatkan agar tidak mengharapkan hasil langsung yang sama dari produk berbasis wortel seperti yang Anda lakukan dari retinoid.

“Meskipun efektif sebagai antioksidan dan merupakan prekursor retinol, wortel tidak bekerja secepat retinol atau resep tretinoin,” ingatnya.

Dr Hartman juga setuju, “Wortel dalam perawatan kulit tidak akan memberi Anda tingkat hasil yang sama seperti menggunakan produk dengan vitamin A murni. Jadi jika Anda mencari pengelupasan kulit atau pengurangan jerawat, pilih produk dengan retinol. Tetapi jika Anda ingin mencoba sesuatu yang baru untuk membantu mencerahkan kulit dengan lembut, cobalah wortel.”

Khusus untuk kulit, para ahli kecantikan menyarankan diaplikasikan langsung, tidak hanya dikonsumsi, untuk hasil maksimal.

“Aplikasi topikal dari bahan apa pun berbeda dari konsumsi,” kata Dr. Mikalov.

“Aplikasi topikal akan memiliki efek yang sangat spesifik pada kulit saja, sedangkan mengonsumsi wortel akan bermanfaat bagi semua organ tubuh. Aplikasi topikal adalah pendekatan paling aman untuk manfaat kulit dari beta-karoten,” tambahnya.

Ada kiat khusus saat membeli produk kecantikan yang berbasis wortel. Dr. Hartman menekankan pentingnya bahan-bahan yang menghidrasi, seperti asam hialuronat, gliserin, atau ceramide, selain wortel. Mengingat wortel bekerja mirip dengan produk kaya vitamin A lainnya, ia memperingatkan agar tidak menggunakannya bersama retinoid, karena menggabungkan keduanya dapat meningkatkan risiko iritasi.

Baca juga: Jangan Bergantung Hanya pada Wortel, 5 Makanan Ini Juga Bisa Bikin Mata Sehat

WELL + GOOD