5 Cara Mengatasi Mata Panda, Coba Pakai Kantong Teh atau Minyak Kelapa

Ilustrasi mata panda. Cinebuster.in

kecantikan

5 Cara Mengatasi Mata Panda, Coba Pakai Kantong Teh atau Minyak Kelapa

Kamis, 17 Maret 2022 14:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Lingkaran hitam atau gelap di area bawah mata atau biasa disebut mata panda cukup menganggu penampilan. Sebab bisa bikin wajah kamu terlihat lebih tua dan lelah. Jika kamu sedang alaminya, jangan lewatkan sederet cara mengatasi mata panda. Kali ini, kita membahas cara-cara alami mudah didapatkan atau tersedia di dapur kamu.

Cara Mengatasi Mata Panda dengan Bahan-bahan Alami

Berikut beberapa cara alami mengatasi mata panda dikutip dari laman India.

1. Kompres dingin

Kompres dingin bekerja sangat baik untuk mata panda. Kamu bisa mencobanya di pagi atau sore hari. Yang perlu dilakukan adalah menggunakan kompres dingin selama sekitar 10 menit ke daerah bawah mata.

Lebih baik lagi, jika memiliki masker mata, kamu dapat mendinginkannya sebentar dan memakainya dua kali sehari. Itulah cara termudah untuk mengurangi warna gelap di bawah mata.

2. Mentimun dan lemon

Kombinasi mentimun dan lemon diperaya sejak dahulu kala untuk merawat kulit agar tetap sehat. Coba campurkan mentimun dan air lemon dengan perbandingan yang sama, lalu gunakan kapas untuk mengoleskan campuran tersebut ke lingkaran hitam di bawah mata. Diamkan selama sekitar 10-15 menit dan kemudian bilas dengan air hangat.

Ilustrasi kantong teh. (Pixabay/Congerdesign)

3. Kantong teh

Kantong teh juga bisa digunakan untuk mengobati lingkaran hitam pada mata. Jadi, jika tidak memiliki kompres dingin atau masker mata, gantilah dengan kantong teh celup. Banyak teh, seperti teh hijau, memiliki manfaat tambahan antioksidan yang memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu menenangkan kapiler yang tegang di area bawah mata.

Rendam kantong teh celup dalam air bersih, lalu masukkan ke dalam kulkas selama 30 menit. Kemudian, letakkan kantong teh di mata. Biarkan selama sekitar 10 menit atau lebih dua kali sehari sebelum melepas dan membilas area tersebut dengan air hangat. Kamu akan segera mulai melihat hasil yang diinginkan.

4. Tomat

Untuk yang belum tahu, tomat sangat baik untuk kulit karena mengandung likopen yang tinggi. Likopen dapat membantu membuat kulit lebih lembut dan kenyal serta mengurangi munculnya lingkaran hitam di bawah mata.

Untuk menghilangkan noda hitam di bawah mata, campurkan jus tomat dengan air lemon dengan perbandingan yang sama, lalu gunakan kapas atau alas penghapus riasan untuk mengoleskannya ke area bawah mata. Biarkan selama sekitar 10 menit dan kemudian bilas dengan air hangat, dua kali sehari.

5. Minyak kelapa

Minyak kelapa dikenal sangat ampuh untuk berbagai macam masalah kulit. Populer karena sifat anti-inflamasinya, mengoleskan minyak kelapa adalah metode yang efektif untuk mencerahkan bagian bawah mata yang gelap. Bahkan, minyak ini juga melembapkan sekaligus mencerahkan untuk membantu mencegah kerutan dan garis halus di bawah mata. Gosokkan minyak kelapa ke area bawah mata, biarkan semalaman lalu bilas di pagi hari.

Selain mengetahui sederet cara alami mengatasi mata panda, ketahui juga sebab munculnya mata panda. Di antaranya bisa jadi kamu kelelahan, kurang istirahat, begadang atau terlalu banyak minum alkohol. So, hindari juga pemicunya, selain menerapkan cara mengatasi mata panda. Selamat mencoba!

Baca juga: Sebal dengan Mata Panda, Ketahui Karakter Kulit di Sekitar Mata

YINOLA CRISSY ELENROSE HADRIAN