Self Love ala Tara Basro, Menghargai Setiap Momen yang Dirasakan

Tara Basro (Instagram/@tarabasro)

ragam

Self Love ala Tara Basro, Menghargai Setiap Momen yang Dirasakan

Senin, 14 Maret 2022 20:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta -  Self love menjadi hal yang penting di kalangan masyarakat modern sebab mampu membuat seseorang memiliki rasa percaya dan bangga terhadap kemampuannya. Self love ala Tara Basro dalam unggahannya di laman Instagram juga memberitahukan kepada para warganet apa yang dimaksud dengan self love, serta mengajak mereka untuk bersama-sama belajar menghargai diri sendiri.

Terlebih, belakangan ini semakin banyak pihak yang bersuara atau melakukan kampanye dengan tema self love. Ajakan untuk mencintai diri sendiri dan mengenali diri sendiri ini bertujuan untuk memberikan kebahagiaan pada diri sendiri.

"Banyak yang mengira kalau self love itu berarti harus positive thinking setiap saat, tapi justru ini adalah komitmen ke diri sendiri untuk belajar menghormati fase2 yang dilalui secara mental dan fisik," tulis Tara Basro pada 11 Maret 2020.

Dia juga mengungkapkan memang ada saatnya seseorang merasa bahwa dirinya terkadang tidak merasa yakin dan bisa untuk melawan keresahan maupun rasa tidak percaya diri. Namun, sebenarnya selalu ada jalan untuk menghadapinya. "Disinilah, aku rasa penting untuk punya #RealSupport karena semua perempuan berhak untuk dicintai, didengar, dan dihargai."

Dalam melakukan self love juga ada beberapa hal yang harus seseorang perhatikan. Selain itu, mencintai diri sendiri secara sederhana nyatanya memiliki beberapa praktik yang bisa seseorang coba untuk menghilangkan keresahan dan rasa tidak percaya diri.

Berikut ini beberapa hal yag bisa dilakukan untuk lebih mencintai diri sendiri:

1. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain

Berhenti membandingkan diri dengan orang lain. Dalam dunia modern memang persaingan cukup kompetitif, jadi membandingkan diri dengan orang lain jadi hal yang wajar. Namun, bisa juga menjadi hal yang berbahaya. Untuk itu, akan lebih baik jika seseorang lebih fokus terhadap dirinya sendiri, fokus pada apa yang disuka, fokus pekerjaan yang diminati, dan lainnya.

2. Jangan terpengaruh penuh pendapat orang lain

Biarkan apa pendapat orang lain dan jangan dengarkan apabila itu tidak baik. Jangan khawatir tentang apa yang mereka pikirkan, karena sebagai seorang individu. Kita tidak akan mampu untuk membahagiakan semua orang.

3. Jangan takut lepas dari toxic relationship

Ketiga yaitu jangan takut untuk lepas dari toxic relationship. Ada kalanya suatu lingkungan dan orang-orang yang berada didalamnya membawa hal-hal toxic, apabila itu terjadi jangan sungkan untuk menjauh dari hubungan yang merugikan ini.

4. Mensyukuri hal yang sederhana

Melihat keindahan dari hal-hal yang sederhana. Cobalah untuk memperhatikan setidaknya satu hal kecil yang indah di sekitar setiap hari. Catat hal itu, dan bersyukur. Rasa syukur tidak hanya memberi perspektif positif, tetapi juga penting untuk membantu menemukan kebahagiaan.

5. Berbaik hati kepada diri sendiri

Berbaik hatilah pada diri sendiri. Jangan menyebut diri sendiri jahat dan tidak memiliki kemampuan apapun bahkan tidak berguna. Namun, sayangilah diri sendiri karena telah berjuang dan bertahan hingga sejauh ini. Itu adalah suatu pencapaian yang luar biasa.

Baca: Tara Basro Kesal dengan Jerawat, ini 4 Gaya Hidup untuk Atasinya

DIAH RETNO ANDANI | HEALTHLINE