Tips Memilih Hand Cream, Wajib Ada Asam Glikolat dan Hindari Wewangian

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita mengoleskan krim pada tangan. Unsplash.com/Rawpixel

Ilustrasi wanita mengoleskan krim pada tangan. Unsplash.com/Rawpixel

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mencari krim tangan atau hand cream yang tepat bisa dibilang susah-susah gampang. Ada yang terlalu kental ataupun tidak cukup menyerap. Di kasus lain, terlalu berminyak dan terasa seperti lendir di jari.

"Semua hand cream memang tampak bagus saat pertama kali Anda pakai," kata Gretchen Frieling, MD, ahli dermatopatologi bersertifikat (pakar dermatologi dan patologi yang melihat kondisi pada tingkat sel) dikutip dari Well and Good, Jumat, 11 Maret 2022.

"Setelah satu kali mencuci tangan, atau dua jam setelah pemakaian, tangan tampak kembali ke keadaan kering atau bersisik, atau sebaliknya malah membuat tangan Anda sangat berminyak," sambungnya.

Kunci mendapatkan hand cream yang nyaman dan efektif adalah memperhatikan kandungan di dalamnya. "Saat mencari hand cream, yang utama mengandung asam glikolat untuk membantu mencegah hilangnya elastisitas," kata Dr. Frieling.

Penting juga ada kandungan vitamin C, vitamin B, peptida, shea butter, lanolin, dan asam hialuronat.

"Tidak ada hand cream yang memiliki semua bahan itu, tetapi cobalah untuk menemukan satu yang memiliki setidaknya tiga di antaranya," katanya. Menurut Dr. Frieling, semua bahan tersebut bekerja untuk membantu mencegah hilangnya kelembapan dan melindungi kulit sehingga dapat sembuh.

Sementara itu, Sharleen St. Surin-Lord, MD, dokter kulit bersertifikat di Washington DC, menambahkan bahwa penting adanya ceramide di dalam hand cream.

"Ceramide seperti mortar yang menyatukan kulit," kata Dr. St Surin-Lord. "Jika Anda berpikir untuk membangun rumah, Anda membutuhkan batu bata, juga mortar. Bata-bata itu tidak akan saling menempel kecuali Anda memiliki mortar yang bagus. Hal yang sama untuk sel-sel kulit."

Saat kulit kering, kulit pecah-pecah dan Anda kehilangan air transepidermal. Ceramide adalah mortar yang mencegah hilangnya kelembapan.

Bahan apa yang harus dihindari? Wewangian dan warna tambahan apa pun jika Anda memiliki kulit sensitif, kata Dr. Frieling. Dan untuk memastikan Anda tidak akan mendapatkan residu berminyak, dia merekomendasikan untuk menghindari bahan pengental sintetis seperti trigliserida atau palmitat. 

Jadi, jangan sampai salah pilih hand cream karena aroma atau mengikuti tren. Perhatikan kandungan yang diperlukan untuk mengunci kelembapan di tangan. 

Baca juga: 6 Langkah Cegah Kulit Kering karena Sering Cuci Tangan

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."