8 Sumber Makanan yang Kaya Vitamin K, Bayam, Kiwi hingga Telur

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bayam. Pixabay.com/Aline Ponce

Ilustrasi bayam. Pixabay.com/Aline Ponce

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaVitamin K merupakan nutrisi penting yang memainkan peran penting dalam pembekuan darah dan kesehatan tulang dan jantung. Jika seseorang kekurangan vitamin K bisa mengalami pendarahan, kondisi tulang yang lemah, dan berpotensi meningkatkan risiko penyakit jantung.

Untuk mencegah hal itu terjadi, Anda harus memastikan untuk mendapatkan semua vitamin K yang dibutuhkan tubuh Anda. Setiap orang membutuhkan nilai harian (DV) vitamin K sebesar 120 mcg. Berikut sederet sumber makanan yang kaya vitamin K untuk pilihan menu harian Anda.

1. Bayam

Rendah kolesterol, kaya serat makanan, vitamin A, C, K dan zat besi. Sayur bayam juga baik untuk kesehatan tulang selain berfungsinya sel darah merah dalam tubuh.

2. Kale

Kale salah satu sayuran favorit saat diet karena kaya vitamin K Anda. Kale juga tinggi serat, protein, dan asam lemak omega-3. 

3. Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang paling bergizi dan perlu dimasak dengan benar untuk menuai semua manfaat dan rasa yang spektakuler. Anda juga bisa memasak sup brokoli dan almond untuk menciptakan kebaikan bagi tubuh Anda.

4. Selada

Selada juga kaya akan protein, vitamin A dan potasium. Selada paling sering ditemukan terbungkus di dalam sandwich atau dilapisi di bawah salad.

5. Ikan

Ikan mengandung sejumlah vitamin K. Anda dapat mengonsumsi ikan dengan cara dipanggang atau pun disup untuk tetap menjaga vitamin yang terkandung di dalam ikan.

6. Kembang kol

Sayuran ini bisa membantu Anda menjaga sistem pencernaan yang sehat, mencegah radang sendi, obesitas dan penyakit anti-inflamasi lainnya. Kembang kol juga bisa menjadi resep yang luar biasa untuk dimasukkan ke dalam menu diet Anda.

7. Telur

Kaya akan protein, telur mungkin berada di urutan teratas daftar makanan yang harus disiapkan dengan cepat! Telur dadar adalah makanan yang paling mudah dikonsumsi.

8. Kiwi

Kiwi memiliki vitamin K, A, B12, B6, E, zat besi, kalsium dan kalium dan memastikan sirkulasi darah di pembuluh, penyerapan zat besi untuk kesehatan tulang, penglihatan yang baik.


Baca juga: Selain Tinggi Vitamin C, Intip Kandungan Lemon yang Baik untuk Kesehatan

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."