Bisa Ditonton Gratis, Ini 4 Film Dokumenter yang Berkisah Soal Sejarah K-Pop

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Grup idola K-pop The Boyz, BTS, NU'EST dan penyanyi IU/ANTARA

Grup idola K-pop The Boyz, BTS, NU'EST dan penyanyi IU/ANTARA

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pencinta K-Pop bisa mengetahui sejarah dan cikal bakal gelombang budaya Korea lewat film dokumenter KBS "Suatu Debut, Musisi Pengubah Era". Film ini akan digelar Korean Culture and Information Service (KOCIS) beserta Korean Cultural Center (KCC) Indonesia, Korea Creative Content Agency (KOCCA) Indonesia Business Center, dan Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta. "Musik pop Korea adalah cikal bakal K-Pop. Sebagai upaya untuk memperkenalkan sejarah perkembangannya kepada masyarakat Indonesia, Korean Cultural Center Indonesia ingin menunjukkan bahwa kesuksesan K-Pop—konten pokok dari Hallyu saat ini—bukanlah suatu kebetulan belaka," kata KCC dalam keterangan resmi, Jumat 4 Februari 2022.

Hal ini merupakan wujud perkembangan pesat dari kekuatan budaya dan seni populer Korea yang telah terkumpul selama hampir 100 tahun. Film dokumenter berjumlah empat episode ini merupakan dokumentasi musik berisi wawancara dengan artis utama Korea mengenai momen penting dalam 100 tahun sejarah musik pop Korea.

Film ini ditayangkan di Jakarta (25-27 Maret), Bandung (4-5 Maret), Yogyakarta (12 Maret), Surabaya (19 Maret) dan Medan (2 April). Acara ini diadakan dalam format penayangan film keliling yang bertempat di bioskop CGV, di kota-kota besar Indonesia. Dikutip dari siaran resmi tersebut, episode pertama adalah "Kelahiran Musik Pop", dilanjutkan dengan "Lagu, Sayap dari Kebebasan", "Pas Sesuai Selera" dan "Kelahiran Generasi Baru".

Masing-masing episode telah mendapatkan pujian sebagai film dokumenter berkualitas tinggi yang memperkenalkan sejarah perkembangan musik pop Korea dari awal mulanya hingga kini populer di seluruh dunia. Film dokumenter tersebut memuat kisah latar belakang tiap era, juga pembinaan dan gambaran jelas penyanyi serta pihak-pihak yang terlibat dalam musik pop Korea.

Penayangan film ini gratis dan penonton hanya perlu mendaftar dan mendapat konfirmasi menonton empat episode film dokumenter sepanjang empat jam.

Indonesia sebagai negara dengan penggemar Hallyu terbanyak tentunya memiliki banyak penggemar K-Pop terkini maupun penggemar musik pop Korea tahun 80-90an. Acara penayangan film dokumenter kali ini menarik banyak perhatian dan diharapkan dapat memperluas cakupan pemahaman masyarakat Indonesia terhadap musik pop Korea serta meningkatkan keberlangsungan Hallyu.

Baca: Mengenal Greysia Polii, Penggemar K-Pop dan Perjuangan Ibunya Menjahit Baju

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."