7 Tips Belajar Agar Bisa Diterima Beasiswa Asing

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Xaviera Putri/Gushcloud

Xaviera Putri/Gushcloud

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menjelang kelulusan SMA, banyak pelajar Indonesia yang mempersiapkan strategi belajar agar dapat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi terbaik di dalam negeri atau di luar negeri. Konten kreator yang berbasis di Korea Selatan, Xaviera Putri, berbagi tips belajar yang efektif. Saat ini, Xaviera sedang berkuliah di Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) dengan dukungan beasiswa dari pemerintah Korea Selatan.

Tidak hanya melanjutkan studi, ia juga rutin menceritakan aktivitasnya sebagai pelajar di Korea melalui channel Youtube xaviera putri. Dalam keterangan pers yang diterima Cantika pada awal Maret 2022, exclusive talent Gushcloud ini berbagi 7 strategi belajar yang biasa ia lakukan untuk mendapatkan hasil yang bagus dan menjaga konsentrasi.

1. Teknik Pomodoro
Ini berkaitan dengan mengatur waktu untuk belajar dan istirahat. Misalnya, mengatur 1 jam untuk belajar dan 15 menit untuk istirahat. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan timer dan secara berulang sebanyak dua hingga tiga kali.

2. Journaling
Hal ini dapat dilakukan secara digital dengan menggunakan aplikasi terkait journaling. Di jurnal digital, Xaviera mencatat jadwal aktivitas yang akan dilakukan setiap hari.

3. Short but frequent rewards
Strategi ini masih berkaitan dengan poin pertama. Xaviera rutin memberikan short rewards untuk diri sendiri. Contohnya, ia lebih suka memberikan reward berupa istirahat sejenak di sela-sela belajar, dibandingkan belajar dengan waktu yang lama dan menunggu hingga akhir hari kemudian beristirahat.

4. Mencicil
Biasanya Xaviera akan mencicil belajar dan mempersiapkan diri dua minggu sebelum ujian dimulai. Ketika mendekati tanggal ujian, ia akan melakukan review dan latihan soal.

5. Ganti suasana belajar
Kebiasaan Xaviera saat belajar adalah memanfaatkan 15 menit waktu istirahat untuk meregangkan badan atau berpindah tempat.

6. Hari kreatif
Xaviera suka mempersiapkan satu hari khusus untuk berkreasi, misalnya setiap hari Jumat ia mengisi waktu untuk shooting konten, edit video, dan lainnya. Menurutnya, produktivitas tidak hanya berkaitan dengan belajar, tetapi bisa berupa kegiatan kreatif lainnya.

7. Kebiasaan kecil yang membantu untuk fokus
Selama belajar, ada saja gangguan yang datang, misalnya notikasi di smartphone. Karena itu, Xaviera meletakkan smartphone di luar pandangannya agar tidak mudah terganggu.

Selain 7 strategi belajar yang sudah disebutkan, Xaviera juga memberikan tips untuk menerapkan beberapa metode belajar. Di antaranya adalah pemahaman konsep menggunakan framework atau diagram, problem solving dengan rutin mengerjakan latihan soal, dan hafalan konsep yang dapat dilakukan dengan membaca buku sambil menandai bagian yang penting. Untuk mendapatkan berbagai tips belajar lainnya, simak channel Youtube xaviera putri.

Baca: Perankan Arini Ketiga Kalinya, Membuat Della Dartyan Banyak Belajar

FADHILAH PRILIA 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."