Semakin Bosan dan Stres Akibat Work From Home? Coba Jauhi Medsos Sementara

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi perempuan stres/depresi. Shutterstock.com

Ilustrasi perempuan stres/depresi. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bekerja dari rumah atau work from home (WFH) sering kali memicu stres hingga bornout. Namun, jangan khawatir ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk mengatasi persoalan itu. Anger & Stress Management Specialist Certified Meditation Instructor The Golden Space Bagia Arif Saputra mengatakan, untuk menghindari stres hingga burnout akibat bekerja dari rumah hal pertama yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi pemicunya.

Menurutnya, ada lima hal yang memicu seseorang mengalami stres, pekerjaan, keluarga, pasangan, kesehatan, dan kondisi keuangan. "Misalnya kalau masalahnya datang dari rumah, entah keluarga atau pasangan kita bisa keluar, bekerja kan itu juga di luar. Kalau anak kos yang tinggal sendirian itu merasa kesepian bisa juga jadi sumber masalahnya," katanya beberapa waktu lalu.

Kemudian yang paling penting adalah mengakui bahwa diri kita sedang stres. Sebab tak bisa disangkal bahwa masih banyak orang yang menafikan dirinya sedang stres, atau merasa baik-baik saja padahal kondisinya malah sebaliknya. Lantas, ketika seseorang stres, khususnya akibat bekerja dari rumah, apa yang bisa dilakukan? Dia menyebut meditasi adalah hal yang dapat dilakukan lantaran dapat mengubah struktur otak agar tidak mudah stres dan memproduksi hormon positif.

1. Melakukan Meditasi
"Meditasi ini bisa merubah struktur otak, memperkecil amigdala yang merespon stres. Delapan minggu berturut-turut aja melakukan meditasi kita tidak mudah stres. Produksi hormon positif di hippocampus juga akan meningkat. Hormon ini biasanya diproduksi saat kita olahraga, makan coklat, melakukan hal-hal menyenangkan," tuturnya.

2. Menulis Jurnal
Hal lain yang juga bisa dilakukan adalah menulis jurnal harian untuk mengekspresikan sesuatu yang dirasakan. Dengan teknik ini seseorang bisa memahami dirinya sendiri dan merespon stres dengan baik.

3. Jalani Hobi
Melakukan hal-hal yang menyenangkan, seperti melakukan hobi yang selama ini jarang dilakukan juga berperan penting untuk mengurangi stres saat harus bekerja dari rumah. Jika memang hobi tersebut tidak bisa dilakukan dari rumah, carilah hobi alternatif yang tidak kalah menyenangkan. "Membuat puisi, melukis, menggambar atau hal-hal yang membutuhkan kreativitas itu bisa menjadi saluran penyaluran stres. Menonton hal-hal yang menyenangkan juga sama," katanya.

4. Jauhi Media Sosial
Terakhir, sebisa mungkin kurangi atau hindari sepenuhnya penggunaan media sosial. Karena informasi yang berlebihan dari media sosial bisa menjadi faktor penyebab munculnya stres seseorang. "Detoks media sosial, terlalu banyak informasi atau overwhelmed juga tidak baik. Jika memungkinkan juga tutup akses komunikasi yang tidak penting selama beberapa waktu, berikan waktu untuk diri sendiri, komunikasikan ke orang-orang dulu tentunya," katanya.

Baca: Journaling Tidak Hanya Bisa Redakan Stres, Ini Lagi Manfaatnya Menurut Psikolog

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."