3P, Rumus agar Tak Salah Pilih Jurusan Kuliah atau Menentukan Karier

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita menulis. Freepik.com/Wayhomestudio

Ilustrasi wanita menulis. Freepik.com/Wayhomestudio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Mengenal bakat, minat, dan kepribadian kamu berperan dalam menentukan arah di pendidikan dan karier. Sebab saat kamu salah dalam memilih, bisa jadi hasilnya kurang maksimal atau perkembangannya tak signifikan.

Menurut pendiri dan CEO Tes Bakat Indonesia, Monic Christian, faktor umum yang menyebabkan banyaknya orang salah memilih jurusan atau menentukan karier karena kurangnya mengenal diri sendiri. Untuk mengatasi hal itu, ia mengungkapkan pentingnya untuk menemukan 3P dalam diri. Apa itu 3P? Yaitu potential, passion, & personality.

Potential atau potensi merupakan kemampuan yang ada di dalam diri, atau secara umum disebut juga sebagai bakat. Setiap orang dilahirkan dengan bakat yang berbeda-beda. Ada yang jago dalam menghitung, seni maupun olahraga. Monic juga menekankan jangan pernah menganggap sepele potensi diri apa pun dan tak perlu membanding-bandingkannya dengan orang lain. Sebab setiap orang punya keunikan dan pesona masing-masing.

"Bahkan bisa ngelucu aja itu potensi. Kan sekarang banyak stand up comedian yang bersinar. Jadi, jangan pernah menganggap receh potensi kamu," tutur Monic Christian saat konferensi pers virtual, Rabu, 23 Februari 2022.

Selain potensi, Monic juga menekankan pentingnya mengetahui minat atau passion. Seberapa pun bagusnya potensi diri, jika tak sesuai minat bisa jadi tak menghasilkan apa pun, jelasnya. 

"Passion itu saya ibaratkan tempat di mana kita bertanding. Walaupun kamu pintar, pandai, potensinya bagus, tetapi kamu tidak menggunakan potensi kamu sesuai minat kamu, bisa jadi kamu enggak akan ke mana-mana," imbuhnya mengingatkan.

"Atau kamu jangan minder dulu, IQ (Intelligence Quotients atau kecerdasan intelektual) saya sedang-sedang saja. Jika kamu bisa menggunakan potensi kamu sesuai dengan minat bisa jadi kamu mengalahkan teman-teman yang ada di sekeliling kamu yang secara potensi mereka lebih unggul sebenarnya," lanjutnya penuh bersemangat.

Maka dari itu, lanjutnya, potensi dan minat harus selaras. Ibarat mobil, minat adalah bahan bakarnya dan potensi adalah mesinnya. "Kalau kita mengerjakan sesuatu sesuai passion kita, kayak motivasi terus memacu kita untuk maju," tutur ibu dua putra itu.

Selanjutnya adalah personality atau kepribadian. Dalam karier atau pekerjaan dibutuhkan kepribadian tertentu. Misalnya profesi seorang marketing, tentu harus mempunyai sikap yang ramah dan menunjukkan antusiasme. Bayangkan ketika bertemu dengan klien, selalu memasang wajah yang jutek dan terlihat cuek, tentu si klien akan merasa risih dan tidak nyaman. Atau menjadi seorang akuntan, tentu harus memiliki kepribadian yang rapi dan teliti.

Jika kamu dalam masa menentukan pilihan karier atau jurusan kuliah, Tes Bakat Indonesia (TBI) salah satu lembaga yang dapat membantu orang-orang mengenal 3P dalam diri mereka. Tes Bakat Indonesia berdiri sejak tahun 2014. Saat ini, TBI sudah berada di empat kota, yakni Jakarta, Surabaya, Semarang, dan Medan. Cabang di dua kota terakhir baru dibuka pada Februari ini. Di Jakarta memiliki dua lokasi testing centre, yakni APL Tower, Mall Central Park, Jakarta Barat dan Kirana Boutique Office, Kelapa Gading, Jakarta Timur. TBI cabang Surabaya berada di SUB Co Spazio. Sementara itu di Medan, TBI berada di Cohive – Center Point dan TBI cabang Semarang di SUN Education.

Baca juga: Pekerjaan Bidang TI Semakin Diminati, Ini 5 Bagian yang Paling Diburu

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."