4 Hal Soal Diri yang Perlu Dieksplorasi Demi Hadapi Karier Cemerlang

Webinar virtual bertema "Career Introduction for Youth in Eastern Indonesia" bersama Lokalate, Nutrifood pada Kamis, 13 Januari 2022/Nutrifood

karir

4 Hal Soal Diri yang Perlu Dieksplorasi Demi Hadapi Karier Cemerlang

Kamis, 13 Januari 2022 21:37 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Masa pendidikan adalah salah satu cara orang mempersiapkan diri untuk masa depan. Kematangan persiapan akan menjadi penentuan besar tingkat kesuksesan seseorang di masa depan. Persiapan diri yang matang akan membawa seseorang pada persiapan karier masa depan yang lebih baik.

Manajer Rekrutmen PT. Nutrifood Indonesia Dian Mariani mengatakan sebenarnya mempersiapkan diri tidak hanya untuk mempersiapkan diri di dunia kerja. "Tapi mempersiapkan diri teman-teman untuk menjadi diri teman-teman yang lebih baik,” kata Dian dalam webinar virtual bertema “Career Introduction for Youth in Eastern Indonesia” bersama Lokalate, Nutrifood pada Kamis, 13 Januari 2022.

Dian juga mengingatkan soal pentingnya memikirkan gambaran tentang kerja, serta lingkungan kerja yang bisa memberikan kenyamanan bagi seseorang. Kondisi tempat kerja yang tidak nyaman, tentu akan menghambat seseorang dalam pekerjaannya, apalagi jika diharuskan berada di kantor selama kurang lebih delapan jam.

“Pasti kita berasa, kok, setiap hari Minggu malam gitu, itu sudah ada namanya Sunday Blues Mood. Jadi, rasanya udah gloomy apalagi tanggal-tanggal tua, gajian masih lama. Terus masuk ke hari Minggu itu rasanya udah lemes,” kata Dian.

Pentingnya kenyamanan di tempat bekerja adalah untuk menghindari perasaan-perasaan yang telah dijelaskan oleh Dian di atas. Dian mengatakan bahwa bekerja itu seharusnya terasa menyenangkan, dan hal tersebut bisa terwujud jika didukung dengan tempat kerja yang seru dan terasa seperti di rumah, dan yang tak kalah penting adalah rekan kerja yang seru dan asik hingga terasa seperti keluarga sendiri.

Dian juga menjelaskan soal definisi kesuksesan bagi setiap orang. Menurutnya, definisi sukses sangatlah personal, dan itu adalah hal yang wajar, karena standar dan harapan masing-masing individu juga pasti berbeda. Mungkin ada yang mendefinisikan sudah sukses ketika mendapatkan gaji yang tinggi, ketika dapat membagi waktu dengan keluarga, ketika naik pangkat, dan lain-lain.

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk persiapan diri yang lebih baik juga bisa dengan melakukan eksplorasi diri, melalui peta personal. Peta personal ini berisi empat kolom utama dengan empat topik utama, yaitu:

Kolom pertama “My Strength” (kekuatanku), kolom tersebut diisi dengan kekuatan yang dimiliki, serta tindakan apa yang dilakukan untuk meningkatkan kekuatan tersebut. Kolom kedua “My Area To Improve & How” (hal yang perlu aku tingkatkan dan bagaimana), berisikan area yang ingin ditingkatkan disertai dengan tindakan untuk meningkatkan area tersebut.

Kolom ketiga “My Interest & Follow Up” (minatku), diisi dengan ketertarikan seseorang diikuti dengan tindakan untuk meningkatkan ketertarikan tersebut. Kolom keempat “What Matters To Me” (apa yang penting bagiku), berisikan daftar tiga hal yang penting bagi seseorang. Hanya boleh tiga, tidak lebih.

Selain itu, penting untuk mengenal diri sendiri lebih baik lagi. Terdapat beberapa cara menurut Dian untuk mengenal diri lebih baik lagi, seperti menulis apa saja kekuatan yang kita miliki, pencapaian atau prestasi yang pernah diraih, serta talenta yang dimiliki. Cara terbaik untuk mengenal diri menurutnya adalah dengan menyadari emosi kita, apa yang membuat kita sedih, senang, bete. Kegunaan dari daftar yang dibuat di atas adalah untuk membantu seseorang dalam mencari pilihan pekerjaan di masa depan.

Baca: Mulai Karier Hingga Asmara, Yuk Simak Ramalan Zodiak Tahun 2022 Berikut Ini

BERNADETTE JEANE WIDJAJA