4 Kiat Menolak Cinta Pria, Yang Pertama Jangan Ambigu

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita. Freepik.com/Wayhomestudio

Ilustrasi wanita. Freepik.com/Wayhomestudio

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penolakan adalah salah satu situasi yang paling canggung dalam dunia kencan. Lantas, bagaimana cara menolak cinta pria agar tak terlalu menyakiti hatinya? Kuncinya, katakan dengan sopan dan tidak ambigu.

Masih belum terbayang seperti apa cara mengungkapnya? Sontek 4 cara sopan untuk menolak pria tergantung pada situasi dan jenis hubungan yang Anda miliki dengan orang tersebut dikutip dari Pink Villa, Selasa, 22 Februari 2022.

1. Buatlah sejelas mungkin, jangan ambigu

Ketika harus menolak cinta pria, tidak ada ruang untuk ambiguitas. Anda mungkin tergoda untuk menutupi apa yang akan Anda katakan, tetapi jangan! Kejujuran adalah kebijakan terbaik dalam situasi ini.

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan (untuk Anda berdua) adalah berkomunikasi dengan tenang, tetapi tegas bahwa Anda tidak tertarik. Seharusnya tidak ada keraguan tentang keputusan atau perasaan Anda.

2. Jaga agar tetap santai

Jika seorang rekan kerja mengajak Anda berkencan, jelaskan bahwa Anda tidak tertarik dan tidak merasa berkewajiban untuk menjelaskan alasannya. Pertahankan nada bicara yang santai akan membuat Anda berdua merasa lebih nyaman dalam situasi yang canggung.

Coba ini, “Saya menghargai kepercayaan Anda untuk bertanya kepada saya, tetapi saya tidak berpikir kita berada di rasa yang sama. Aku tidak mencari hubungan, tapi terima kasih sudah bertanya!”

3. Terima kenyataan bahwa Anda akan menyakitinya

Tak bisa dihindari, pria yang Anda tolak cintanya akan marah tidak peduli apa yang Anda katakan padanya. Di situasi ini, yang dapat Anda lakukan adalah meminimalkan dampak padanya dengan menekankan mengapa Anda menolaknya.

Jika semakin banyak basa basi manis yang Anda berikan, semakin lama Anda akan menyakitinya. Kejelasan dan tak ambigu lebih baik di situasi ini ketimbang ucapan manis yang seolah memberi harapan.

4. Jangan digantung

Hindari memaparkan alasan menolak dengan kalimat yang menyiratkan masih ada kemungkinan di masa mendatang, seperti 'jika kamu', 'seandainya kita', hingga 'nanti bisa'.

Ungkapkan dengan jelas agar tidak ada kesan digantung. Berikut salah satu contohnya, “Anda adalah orang yang baik. Tetapi saya menyadari bahwa kita memiliki tujuan yang sangat berbeda dalam hidup, sehingga tak mungkin kita lanjut sebagai pasangan. Saya berharap yang terbaik untuk Anda saat Anda melanjutkan perjalanan Anda.”

Jadi, bila lain waktu Anda harus menolak cinta pria, ingatlah saran-saran di atas untuk mengurangi rasa canggung dan kejelasan bagi Anda berdua. Ini tidak akan mudah, tetapi setidaknya Anda bersikap sopan saat mengungkapnya.

Baca juga: 4 Alasan Pria Suka Bohong ke Pasangan

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."