Pamer Tangan Kapalan Hingga Mengelupas, Greysia Polii: Jangan Bandingkan Hidupmu

Pebulutangkis ganda putri Greysia Polii menjadi salah satu tokoh yang paling banyak dicari di Google Search pada 2021. Momen keberhasilan Greysia dan Apriyani Rahayu meraih medali emas Olimpiade pada Agustus 2021 turut dirayakan oleh segenap rakyat Indonesia. Instagram

kesehatan

Pamer Tangan Kapalan Hingga Mengelupas, Greysia Polii: Jangan Bandingkan Hidupmu

Rabu, 16 Februari 2022 07:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Atlet bulu tangkis Greysia Polii memamerkan tangannya yang kapalan. Bahkan di beberapa bagian, kulit tangannya itu sudah mengelupas. Dalam keterangan foto, ia mengajak pengikutnya untuk tidak membandingkan hidup seseorang dengan hidup orang lain. "Do not compare your life with somebody else’s life (jangan bandingkan hidupmu dengan hidup orang lain)," kata Greysia Polii di akun Instagramnya pada 15 Februari 2022.

Ia pun mengingatkan bahwa setiap orang tidak tahu bagaimana perjuangan orang lain dalam menjalani hidupnya masing-masing. "You have no idea what they have been gone through! (Kamu tidak tahu apa saja yang sudah dijalani orang lain)," katanya melanjutkan.

Kapalan seperti yang dialami Greysia Polii, mungkin juga pernah kamu alami. Menurut Alodokter.com, kapalan umumnya disebabkan oleh tekanan atau gesekan yang berlebihan dan berulang pada satu area kulit area kulit. Sebenarnya, kapalan adalah reaksi alami tubuh untuk memperkuat jaringan yang mengalami tekanan dan gesekan berulang. Reaksi tersebut membuat jaringan kulit menebal atau disebut juga hiperkeratosis.

Tangan kapalan yang diunggah Greysia Polii di akun Instagramnya/Instagram-@greyspolii

Ada beberapa kegiatan yang dapat memberikan tekanan dan gesekan berlebih, berulang, dan meningkatkan risiko munculnya kapalan. Beberapa kegiatan itu di antaranya adalah menulis atau menggambar dengan pensil, pena, atau kuas. Memainkan alat musik seperti gitar atau biola. Ada juga kegiatan mengangkat beban berat, seperti melakukan olahraga angkat besi.

Kapalan merupakan penebalan kulit, ukurannya akan tergantung luas kulit yang mengalami tekanan atau gesekan. Saat mengalami kapalan, seseorang akan merasakan adanya perubahan pada kulit berupa menebal, mengeras, dan terasa kasar. Kulit juga akan menjadi kering dan pecah-pecah. Gejala lain kapalan adalah muncul rasa nyeri jika kapalan semakin tebal.

Netizen menanggapi beragam soal tangan kapalan yang dialami Greysia Polii. Ada yang menyemangati perain emas di olimpiade itu. "semangat trs ya ge idolaku ," kata akun @by_febby25.

Netizen lain terharu dengan perjuangan yang dilakukan Greysia Polii saat berlatih. "Luar biasa idolaku smpai luka2 tangan main bulu tangkis tetap semangat," tulis akun ryahenjelina518.

Netizen lainnya mengingatkan bahwa tangan itu sempat berjuang di berbagai ajang. "Tangan penuh perjuangan itu ka ge ," tulis akun safuroh6796.

Kalau kamu, mengalami kapalan seperti yang dialami Greysia Polii saat sedang apa?

Baca: Greysia Polii ke Suami: Terima Kasih Sudah menjadi Pria Impian Masa Kecilku