Alasan Mengapa Anak di Bawah 2 Tahun Tidak Dianjurkan Pakai Masker

Ilustrasi anak pakai masker. Freepik.com/Mdjaff

kesehatan

Alasan Mengapa Anak di Bawah 2 Tahun Tidak Dianjurkan Pakai Masker

Selasa, 8 Februari 2022 07:04 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Tidak jarang juga dirinya mendengar ada orang tua yang ingin memakaikan masker ke anaknya yang masih berusia di bawah 2 tahun dengan alasan latihan agar terbiasa atau takut tertular Covid-19.

Kini rasanya tidak lengkap apabila keluar rumah tanpa menggunakan masker. Kebiasaan menggunakan masker ini sudah mulai diterapkan pada masyarakat usia dua tahun ke atas selama beberapa tahunbelakangan, demi mencegah penyebaran virus SARS-CoV-2.

Meskipun demikian, anak berusia di bawah 2 tahun tidak dianjurkan untuk menggunakan masker. Seorang Edukator Kesehatan dr Adam Prabata membagikan beberapa ceritanya, dimana temannya yang memiliki anak di bawah dua tahun itu disindir karena anaknya tidak menggunakan masker ketika keluar rumah.

Tidak jarang juga dirinya mendengar ada orang tua yang ingin memakaikan masker ke anaknya yang masih berusia di bawah 2 tahun dengan alasan latihan agar terbiasa atau takut tertular Covid-19. Padahal, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) anak berusia di bawah dua tahun tidak dianjurkan untuk menggunakan masker.

Beberapa alasan mengapa masker tidak dianjurkan, antara lain:

1. Saluran napas anak di bawah 2 tahun yang relatif lebih kecil sehingga ada risiko kesulitan bernapas, 2. Anak di bawah 2 tahun masih sulit mengkomunikasikan apabila dirinya mengalami kesulitan bernapas3. Anak di bawah 2 tahun masih kesulitan untuk benar-benar konsisten memakai masker dan akan lebih sering berusaha untuk melepasnya. "Akibatnya, anak akan sering menyentuh wajah dengan tangannya dan menyebabkan risiko penularan Covid-19 secara formite (sentuhan permukaan) meningkat," kata dr Adam, mengutip dari akun Instagramnya, Senin, 7 Februari 2022. 4. Adanya risiko tersedak akibat bagian pada masker, misalnya benang atau tali elastis.

Jika anak-anak di bawah dua tahun tidak dianjurkan untuk memakai masker, lantas apa yang bisa Anda lakukan untuk melindungi mereka dari Covid-19? Beberapa hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan:

1. Kurangi keluar rumah jika tidak perlu, terutama ke tempat indoor dengan sirkulasi udara yang tidak memadai, 2. Menghindari kerumunan, 3. Selalu menjaga jarak dengan orang yang tidak tinggal serumah           4. Anggota keluarga lainnya, termasuk anak di atas dua tahun wajib memakai masker apabila keluar rumah atau bersama orang yang tidak tinggal serumah.

Baca: Tips Gunakan Kembali Masker N95 dengan Aman, Bisa Dipakai Hingga 5 Kali