Bawa Pesan Bipolar, Alasan Kukira Kau Rumah Banyak Disukai Penonton

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Poster film Kukira Kau Rumah. Foto: Instagram Prilly Latuconsina.

Poster film Kukira Kau Rumah. Foto: Instagram Prilly Latuconsina.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Baru beberapa hari ditayangkan di Bioskop, film adaptasi lagu Kukira Kau Rumah ini sudah ditonton lebih dari 400 ribu orang. Menilik dari antusias penggemar yang besar, film ini bakal ditayangkan juga di negara tetangga yakni Singapura, Malaysia dan Brunei.

Pemutaran film di luar negeri ini menjawab permintaan penggemar di berbagai media sosial. "We heard you! Kukira Kau Rumah is coming to Malaysia, Singapore & Brunei! See you soon," tulis Prilly Latuconsina sebagai pemeran Niskala dalam Kukira Kau Rumah.

Prilly Latuconsina juga mengunggah pesan positif mengenai film Kukira Kau Rumah di laman Reels Instagramnya, secara garis besar banyak penonton mengakui yang related dengan kisah Niskala. Bahwa menjalani kondisi gangguan kesehatan mental memang nyata dan butuh support system yang baik.

Bipolar merupakan sebuah kondisi yang menampilkan perubahan ekstrem pada suasana hati dan naik turunnya energi serta tingkat aktivitas yang membuat kehidupan sehari-hari menjadi sulit. Gangguan ini dulunya lebih dikenal sebagai depresi manik, yang merupakan penyakit mental serius.

Jika tidak ditangani dengan baik, gangguan bipolar akan merusak hubungan sosial, jenjang karier, dan pendidikan penderitanya. Dalam beberapa kasus, gangguan ini bahkan dapat menyebabkan bunuh diri.

Sekitar 2,9 persen orang Amerika didiagnosis mengidap gangguan bipolar dan sekitar 83 persen kasusnya digolongkan sebagai kasus yang parah. Penyakit mental ini umumnya terjadi pada usia 15-25 tahun, walaupun dapat terjadi pada segala usia baik perempuan maupun laki-laki.

Seorang pengidap gangguan bipolar akan mengalami fase mania atau hipomania dan depresi, yang dapat menyebabkan psikosis. Fasenya dapat berlangsung selama beberapa minggu atau bulan, dengan periode stabil di tengah-tengahnya. Gangguan ini dapat diredakan dengan mengkonsumsi obat-obatan, namun butuh dosis yang tepat.

Poster film Kukira Kau Rumah. Foto: Instagram Prilly Latuconsina.

Selain Prilly sebagai Niskala, Kukira Kau Rumah juga dibintangi Jourdy Pranata sebagai Pram, Shenina Cinnamon sebagai Dinda, serta Raim Laode sebagai Anus. Sama seperti judulnya, film ini diadaptasi dari lagu milik Amigdala, band indie asal Bandung. Kukira Kau Rumah mengangkat cerita tentang anak perempuan yang memiliki gangguan bipolar dan bermasalah dengan kehidupan sosialnya.

Karena gangguan kesehatan mentalnya itu, ia benar-benar dijaga oleh keluarga dan teman-temannya. Dua teman baik Niskala, selalu berada di sisinya sejak SD hingga kuliah. Hidup Niskala pun berubah setelah kehadiran seorang laki-laki.

Pria tersebut rupanya menyimpan rasa terhadap Niskala. Demi mendapatkan hati Niskala, ia pun melakukan pendekatan yang tak biasa. Namun saat keduanya semakin dekat, Niskala harus menerima kenyataan yang tak sesuai dengan yang diharapkannya.

Baca: Detail Bustier Dress Prilly Latuconsina di Gala Premiere Kukira Kau Rumah

SILVY RIANA PUTRI

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."