Perjalanan Karier Tissa Biani, Mulai dari Penolakan Hingga jadi Pemeran Utama

Tissa Biani/Foto: Instagram/Tissa Biani

profil

Perjalanan Karier Tissa Biani, Mulai dari Penolakan Hingga jadi Pemeran Utama

Senin, 31 Januari 2022 19:45 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktri, Tissa Biani, kekasih Dul Jaelani, mulai dikenal banyak orang setelah berperan dalam film “Makmum: The Movie”. Berkecimpung dalam dunia hiburan selama kurang lebih 15 tahun mulai dari TK, begitu banyak pengalaman yang Tissa lalui.

Berbincang-bincang dalam program Tutur Kata, Tissa menceritakan kisah kariernya di dunia hiburan kepada Zaskia dan Shireen Sungkar, dalam kanal Youtube The Sungkars pada Minggu, 30 Januari 2022.

“Dari TK (mulai masuk dunia hiburan), dulu tuh kayak iklan gitu-gitu aja tuh pas baru masuk sinetron ya SMP lah baru (mulai),” ujar Tissa.

Memulai karier dari usia yang masih sangat muda, Tissa mengatakan bahwa orang tuanya sangat memberikan dukungan penuh kepada pilihan Tissa. Sedari kecil, Tissa memang sudah mulai diharuskan untuk memilih jalan hidupnya sendiri oleh orang tuanya.

Ketika Tissa kecil memutuskan untuk masuk dalam dunia hiburan, orang tuanya memberikan pilihan untuk home schooling atau belajar dari rumah jika ia ingin fokus dalam dunia hiburan.

“Jadi aku ngejalanin sampai sekarang tuh juga kayak enjoy, bukan yang kayak disuruh syuting gitu. Kalau sudah motivasi aku syuting karena disuruh mama pasti sampai sekarang juga akan bertahan gitu,” katanya.

Tissa Biani di FFI 2021. Instagram.com/@tissabiani

Pengalaman manis pahit pun sudah dirasakan oleh Tissa. Mulai dari beratus-ratus kali tidak diterima casting, harus menunggu seharian untuk casting, sampai akhirnya Tissa berhasil untuk mendapatkan peran dan menjadi terkenal karena perannya dalam film tersebut.

“Makanya ya sempat ngerasain gak diterima casting beberapa ratus kali, harus ngantri dari pagi sampai pagi tiba-tiba casting ditutup disuruh pulang. Datang jam 10 pagi ya terus nunggu kan sampai jam enam sore, itu panas-panas segala macam tiba-tiba kayak gini tutup disuruh pulang, maaf ya casting tutup,” ungkap Tissa.

Tissa mengatakan yang pengalaman paling sedih adalah ketika awal-awal masa casting. Ia mengatakan bahwa karena orang tua dan keluarganya tak ada yang pernah memasuki dunia hiburan, ia tak memiliki koneksi dan pengetahuan apapun tentang dunia tersebut, demikian keluarganya.

Jadi, ketika pertama kali casting, orang tuanya sampai izin untuk tidak masuk kerja untuk menemani Tissa, dan itu pun tak langsung diterima. Banyak penolakan yang harus Tissa lalui. “Itu harus gagal dulu, sampai berkali-kali, sampai aku nangis, ‘Ma, kok aku gak pernah diterima ya’. Padahal aku tuh pengen banget masuk TV gitu,” tambahnya.

Sampai akhirnya Tissa berhasil mendapatkan project iklan pertamanya, dan dari sana ia mulai mendapatkan banyak koneksi untuk ke pekerjaan selanjutnya. Tapi, justru itulah awal mula perjalanan karier Tissa yang sebenarnya.

Tissa Biani. Instagram/@tissabiani

“Rata-rata itu body shaming, dari kecil aja tuh sudah di body shaming kalau casting iklan kan. Misalnya, ada casting iklan itu kayak ada form nya gitu, ada kelas A kelas B. Jadi, ditulis kelas A itu yang giginya putih, badannya tinggi, terus kayak kurus segala macem. Kelas B itu misalnya yang kayak rambutnya kering atau apalah gitu,” ungkap Tissa.

Masuk dalam dunia hiburan dengan kesan yang cukup “bebas”, orang tua Tissa juga sudah memberikan wejangan kepada putrinya. Ia mengatakan bahwa kedua orang tuanya pesan agar Tissa bisa jaga diri. “Apalagi pas aku haid pertama kali, itu tuh sudah dikasih list-listnya nih kalau kamu ngelakuin kayak gini-gini,” katanya.

Saat ditanyakan tujuan Tissa selama perjalanan kariernya yang belum terpenuhi, Tissa mengatakan bahwa ia bukan tipe yang merencanakan segala hal. Belajar dari pengalaman, tahun 2020 Tissa pernah membuat semacam resolusi untuk dirinya, tetapi karena ada pandemi, rencananya pun tertunda. Dari itu ia belajar untuk tidak terlalu berharap kepada sesuatu karena ketika hal tersebut tak berjalan sesuai rencana, malah akan menjadi bumerang bagi diri sendiri.

“Jadi, lebih baik jalanin aja karier. Aku mau ke depannya dikasih ya kayak gimana yang penting bisa berkah buat banyak orang terutama keluarga gitu. Kalau yang kayak orang di luar sih gitu mengikut aja sih yang penting aku nyenengin keluarga dulu gitu sih,” jelasnya.

Baca: Perankan Sosok Nirmala, Tissa Biani Ingin Memberikan Akting Terbaik

BERNADETTE JEANE WIDJAJA