Meghan Markle Sampaikan Bahaya Serius dari Misinformasi COVID-19

Pangeran Harry dan Meghan Markle tampil dalam konser Global Citizen 2021 di Central Park, New York, AS, 25 September 2021. REUTERS/Caitlin Ochs

ragam

Meghan Markle Sampaikan Bahaya Serius dari Misinformasi COVID-19

Senin, 31 Januari 2022 05:14 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Duke dan Duchess of Sussex. Pangeran Harry dan Meghan Markle mengungkapkan keprihatinan mereka atas misinformasi terkait pandemi COVID-19 dan tempatnya di Spotify.

Tak lama setelah Neil Young menarik musiknya dari layanan streaming karena ketidakakuratan tentang COVID-19, Harry dan Meghan sekarang meminta Spotify untuk mengatasi "bahaya serius" dari informasi yang salah yang ditampilkan di platform.

Pasangan itu — yang memiliki kesepakatan podcast eksklusif selama beberapa tahun dengan Spotify — pertama kali menghubungi perusahaan tersebut untuk mengungkapkan "kekhawatiran" tentang "konsekuensi yang terlalu nyata dari kesalahan informasi COVID-19 pada platformnya" pada April 2021, juru bicara yayasan mereka Archewell kata Minggu, 30 Januari 2022. 

"Sejak awal Archewell, kami telah bekerja untuk mengatasi krisis misinformasi global real-time. Ratusan juta orang terkena dampak serius dari misinformasi dan disinformasi yang merajalela setiap hari," pernyataan itu dimulai.

"April lalu, salah satu pendiri kami mulai mengungkapkan keprihatinan kepada mitra kami di Spotify tentang konsekuensi yang terlalu nyata dari kesalahan informasi COVID-19 di platformnya," tambah pernyataan itu. "Kami terus menyampaikan keprihatinan kami kepada Spotify untuk memastikan perubahan pada platformnya dilakukan untuk membantu mengatasi krisis kesehatan masyarakat ini."

"Kami berharap Spotify dapat bertemu saat ini dan berkomitmen untuk melanjutkan pekerjaan kami bersama seperti sekarang," tutup pernyataan itu.

Kembali pada bulan Desember 2020, Duke dan Duchess of Sussex mengumumkan "kemitraan multi-tahun" antara Spotify dan perusahaan produksi mereka Archewell Audio.

Dengan kemitraan ini, pasangan ini akan menjadi tuan rumah dan memproduksi podcast asli "semuanya dengan tujuan untuk membangun komunitas melalui pengalaman, narasi, dan nilai bersama," menurut siaran pers.

"Yang kami sukai dari podcasting adalah bahwa podcasting mengingatkan kita semua untuk meluangkan waktu sejenak dan untuk benar-benar mendengarkan, untuk terhubung satu sama lain tanpa gangguan," kata Harry dan Meghan dalam pernyataan bersama saat itu.

“Dengan tantangan tahun 2020, tidak pernah ada waktu yang lebih penting untuk melakukannya, karena ketika kita saling mendengar, dan mendengar cerita satu sama lain, kita diingatkan betapa saling terhubungnya kita semua,” tambah mereka.

Ajakan bertindak Pangeran Harry dan Meghan muncul setelah Young, 76, dan Joni Mitchell, 78, masing-masing menghapus katalog musik mereka dari Spotify. Keputusan mereka untuk melakukannya terkait dengan informasi yang salah tentang COVID-19 yang ditampilkan di podcast Joe Rogan, The Joe Rogan Experience.

Bersamaan dengan pernyataan Mitchell di situs webnya bahwa dia akan menghapus musiknya, penyanyi itu juga menautkan ke surat terbuka ke Spotify di posnya, yang ditandatangani oleh dokter dan profesional medis. Surat itu mengklaim bahwa Joe Rogan Experience — podcast teratas Spotify — mempromosikan "teori konspirasi tak berdasar dan memiliki sejarah yang mengkhawatirkan tentang penyiaran informasi yang salah, terutama mengenai pandemi COVID-19."

Young juga membagikan surat di situsnya yang menyebut podcast Rogan. Dia menulis, sebagian, "Sebagian besar pendengar yang mendengar informasi COVID yang tidak faktual, menyesatkan, dan palsu di Spotify berusia 24 tahun, mudah terpengaruh, dan mudah beralih ke sisi kebenaran yang salah." Dia menambahkan: "Orang-orang muda ini percaya Spotify tidak akan pernah menyajikan informasi yang sangat tidak faktual. Sayangnya mereka salah. Saya tahu saya harus mencoba menunjukkannya."

Newsweek melaporkan bahwa Joe Rogan Experience melihat "diperkirakan 11 juta orang" menonton untuk setiap episode, meskipun Spotify belum secara resmi mengungkapkan secara pasti berapa banyak pengguna yang berlangganan podcast secara keseluruhan. Spotify dilaporkan membayar sekitar $100 juta untuk mendapatkan Joe Rogan Experience, menurut Los Angeles Times.

Baca: 5 Fakta Menarik Foto Keluarga Terbaru Meghan Markle dan Pangeran Harry

PEOPLE