Tya Ariestya Ungkap Alasan Pakai Hijab, Tiba-tiba Muncul dari Hati

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Tya Ariestya/Foto: Instagram/Rio Motret

Tya Ariestya/Foto: Instagram/Rio Motret

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaTya Ariestya, aktris sekaligus ibu dua anak itu baru saja belajar untuk menggunakan hijab. Tanpa ada perencanaan, muncul keinginan tersendiri dari hati Tya untuk akhirnya belajar mengenakan hijab.

Dalam sesi bincang-bincang Tya Ariestya dan suaminya dengan fotografer Rio dalam kanal Youtube Rio Motret pada Rabu, 26 Januari 2021, Tya akhirnya buka suara dan menceritakan keputusannya untuk belajar mengenakan hijab.

“Ini tuh benar-benar kayak tidak direncanakan sama sekali. Jujur aku tuh baru pulang dari Bali, di Bali pun juga masih pakai baju renang selayaknya renang di Bali waktu aku belum tutup aurat,” katanya.

Keputusan untuk belajar mengenakan hijab ini muncul setelah ia melakukan pemotretan. Pemotretan tersebut awalnya tidak ada mengenakan kostum hijab, namun tiba-tiba diubah dan mengharuskan Tya memakai pakaian serba tertutup.

“Aku kirimin video ke dia (suaminya), terus dia cuma kayak balas ala kadarnya. Terus dia jawabnya ‘Surgaku’ gitu. Dari situ tuh kayak ngeliatin-ngeliatin chat dia ngeliatin terus (fotonya), gak tahu gimana besoknya tuh kayak badan aku tuh gerak aja sendiri.” jelas Tya.

Setelah melakukan pemotretan tersebut, keesokan harinya Tya setelah bangun tidur langsung mengambil baju lengan panjang dan mengenakan bergo yang ia temukan di kamar ibunya. Kemudian, Tya duduk dan orang-orang sekelilingnya pun bersikap biasa saja setelah melihatnya mengenakan busana muslim.

Tya mengatakan bahwa ketika orang baru pertama kali coba untuk berhijab, mereka menunggu respon orang sekitarnya. Ada perasaan insecure yang tumbuh, takut diejek atau dianggap tidak pantas.

Di hari yang sama Tya mencoba belajar mengenakan busana tertutup, ia mengatakan bahwa sebenarnya ada undangan akikah dari keluarga Zaskia Sungkar. Tya meminta maaf belum bisa hadir karena masih ada rasa takut dan keraguan apakah akan sampai ke depannya atau hanya karena keinginan sesaat saja, mengingat tidak ada rencana apapun.

“Akhirnya hari pertama berhasil tuh ya pakai ditutup dan aku tidak kepanasan sama sekali walaupun tidak pakai dalaman, rambut masih kemana-mana tapi aku nyaman yang penting aku nyari nyamannya dulu. Terus besoknya aku coba di rumah pakai bergo seharian itu juga aku nyaman sampai sekarang sudah berjalan seminggu,” tambahnya.

Orang sekitar Tya juga mendukung keputusannya, mulai dari teman-teman inner circle sampai keluarga bahkan teman kerja, semuanya mendukung Tya. Kalau dari lingkungan luar seperti netizen juga banyak yang mendukung. Terlepas dari banyaknya kekurangan Tya, ia memutuskan untuk fokus kepada diri sendiri terlebih dahulu karena ia masih dalam proses pembelajaran.

Tya juga menyatakan bahwa ia menjadi pribadi yang lebih tenang setelah belajar menutup aurat. Menurutnya, sekarang ia berpikir bahwa kini tak hanya memikirkan dunia akhirat, ia juga memikirkan dunia nyata.

“Aku agak sedikit berubah sih Kak Rio. Masih tetap Tya yang cuwawaan segala macam, tapi pemikirannya kayak lebih serius gitu,” ujar Tya.

Untuk ke depannya Tya lebih ingin berfokus memperbaiki hal-hal sederhana seperti salat, karena dari kemarin juga masih lebih banyak tidak salat daripada salatnya. Tya mengaku bahwa ada beberapa salat yang masih terasa berat karena belum terbiasa.

“Terus udah gitu banyak hal- hal lain yang memang harus aku pelajari dulu, harus cari tahu kanan kiri. Jadi, benar-benar yang sudah basic aja tuh aku belum benar. Jadi, aku pengen basic-dikuatin dulu sambil nanti belajar pelan-pelan,” jelasnya.

Baca: Belajar Pakai Hijab, Tya Ariestya Tampil Casual Pakai Pashmina dan High Waist

BERNADETTE JEANE WIDJAJA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."