Jalani Pembekuan Sel Telur, Luna Maya: Tak Terbebani oleh Usia

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Luna Maya/Foto: Instagram: Luna Maya

Luna Maya/Foto: Instagram: Luna Maya

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Belum menikah di usia yang menurut standar banyak orang sudah waktunya, tidak membuat Luna Maya khawatir dan gundah. Salah satu yang dipersiapkan Founder TS Media ini ialah melakukan pembekuan sel telur. "Saya sudah freeze egg," ucap Luna di kanal YouTube Venna Melinda, 14 Januari 2022

Luna berharap di kemudian hari bisa menjalankan fase bisa hamil dan memiliki anak, terlebih diakui dia juga menerapkan gaya hidup sehat sehingga siap pada usia matang. "Saya pikir dengan teknologi, pola hidup, saya pikir saya cukup sehat untuk seusia saya dan masih punya energi untuk itu," ungkapnya.

Luna Maya saat menjadi tamu di kanal YouTube Venna Melinda Channel, tayang perdana 14 Januari 2022/Foto: tangkapan layar

Melansir Mayoclinic, pembekuan sel telur, juga dikenal sebagai kriopreservasi oosit matang, adalah metode yang digunakan untuk menyelamatkan kemampuan perempuan untuk hamil di masa depan.

Prosedur yang bisa dilakukan ialah telur yang diambil dari ovarium Anda dibekukan tanpa dibuahi dan disimpan untuk digunakan nanti. Telur beku dapat dicairkan, dikombinasikan dengan sperma di laboratorium dan ditanamkan di rahim Anda (fertilisasi in vitro).

Dokter Anda dapat membantu Anda memahami cara kerja pembekuan telur, potensi risiko dan apakah metode pelestarian kesuburan ini tepat untuk Anda berdasarkan kebutuhan dan riwayat reproduksi Anda.

Pembekuan sel telur mungkin bisa menjadi pilihan jika Anda belum siap untuk hamil sekarang tetapi ingin mencoba memastikan Anda bisa hamil nanti.

Berbeda dengan pembekuan telur yang dibuahi (kriopreservasi embrio), pembekuan sel telur tidak memerlukan sperma karena telur tidak dibuahi sebelum dibekukan. Sama seperti pembekuan embrio, Anda harus menggunakan obat kesuburan untuk membuat Anda berovulasi sehingga Anda akan menghasilkan banyak telur untuk diambil.

Anda mungkin mempertimbangkan pembekuan telur jika:

1. Anda memiliki kondisi atau keadaan yang dapat mempengaruhi kesuburan Anda. Ini mungkin termasuk anemia sel sabit, penyakit autoimun seperti lupus, dan keragaman gender, seperti menjadi transgender.

2. Anda memerlukan pengobatan untuk kanker atau penyakit lain yang dapat mempengaruhi kemampuan Anda untuk hamil. Perawatan medis tertentu – seperti radiasi atau kemoterapi – dapat membahayakan kesuburan Anda. Pembekuan telur sebelum perawatan mungkin memungkinkan Anda untuk memiliki anak biologis

3. Anda menjalani fertilisasi in vitro. Saat menjalani fertilisasi in vitro, beberapa orang lebih memilih pembekuan telur daripada pembekuan embrio karena alasan agama atau etika.

4. Anda ingin mengawetkan telur yang lebih muda sekarang untuk digunakan di masa mendatang. Membekukan telur di usia yang lebih muda dapat membantu Anda hamil saat Anda siap.

5. Anda dapat menggunakan telur beku Anda untuk mencoba mengandung anak dengan sperma dari pasangan atau donor sperma. Donor dapat diketahui atau anonim. Embrio juga dapat ditanamkan ke dalam rahim orang lain untuk membawa kehamilan.

Baca: Liburan Akhir Tahun di Sumbawa, Intip Gaun Pilihan Luna Maya

MAYOCLINIC

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."