Tayang Besok, Kru Penyalin Cahaya Disebut Lakukan Kekerasan Seksual

Penyalin Cahaya. Foto: Rekata Studio.

ragam

Tayang Besok, Kru Penyalin Cahaya Disebut Lakukan Kekerasan Seksual

Rabu, 12 Januari 2022 16:45 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Film Penyalin Cahaya mendapat sorotan dari netizen atas kasus kekerasan seksual yang dilakukan oleh salah satu kru. Kabar mengenai kekerasan seksual yang diduga dilakukan oleh salah satu kru Penyalin Cahaya ini pun beredar luas di media sosial. Netizen pun ramai-ramai mempertanyakan keamanan syuting dan tindakan tim Penyalin Cahaya mengenai kasus tersebut.

Menyikapi rumor yang santer beredar di media sosial, tim Penyalin Cahaya pun mengatakan sudah bertindak tegas terkait masalah yang terjadi.

Pernyataan sikap tim Penyalin Cahaya "Kami Rekata Studio & Kaninga Pictures berkomitmen untuk memberikan ruang aman yang bebas dari kekerasan seksual dan kami akan selalu berpihak pada penyintas. Menjaga lingkungan produksi film yang bebas dari pelecehan seksual adalah juga merupakan misi utama kami. Proses syuting 'Penyalin Cahaya' yang berjalan aman selama 20 hari di Januari 2021 adalah bukti komitmen kami," tulis surat yang diunggah oleh Wregas Bhanuteja pada Senin, 10 Januari 2022 di akun Twitternya.

Menindaklanjuti masalah pelecehan seksual tersebut, tim Penyalin Cahaya pun menghapus nama kredit terduga pelaku. "Sebagai tanggung jawab etik atas komitmen kami dan untuk menghormati pelaporan dan proses yang akan terjadi setelahnya, kami memutuskan untuk menghapus nama terlapor dari kredit film 'Penyalin Cahaya' dan di materi-materi publikasi film," Dari situ, terduga pelaku pun tak lagi menjadi bagian dari tim Penyalin Cahaya.

"Rekata Studio & Kaninga Pictures sangat serius dalam menyikapi kejadian ini dan kami berharap proses-proses yang terjadi setelah pelaporan ini berjalan dengan mengakomodir kepentingan penyintas dan dapat terselesaikan sesuai jalur yang tepat.

Sinopsis

Film Penyalin Cahaya. Foto: Netflix.

Mahasiswa perempuan baru bernama Sur (Shenina Chinnamon) harus kehilangan beasiswanya karena dianggap mencemarkan nama baik fakultas. Pasalnya sebelumnya, foto-foto Sur dalam keadaan mabuk di sebuah pesta beredar luas.

Sur mengaku tak mengingat apapun yang terjadi pada dirinya. Sur akhirnya meminta bantuan Amin, teman masa kecilnya, seorang tukang fotokopi yang tinggal dan bekerja di kampus. Bersama dengan Amin, ia pun mencari tahu apa yang sesungguhnya terjadi pada dirinya di malam pesta.

Jadwal tayang Penyalin Cahaya dijadwalkan tayang di Netflix secara resmi pada 13 Januari 2021 mendatang. Meskipun terjegal masalah, film ini terpantau masih akan dirilis sesuai dengan jadwal.

Baca: Selamat! Penyalin Cahaya Raih Piala Citra Film Terbaik FFI 2021