Sebelum Meninggal, Betty White Diketahui Mengalami Stroke

Betty White. Chris Pizzello/Invision/AP

kesehatan

Sebelum Meninggal, Betty White Diketahui Mengalami Stroke

Selasa, 11 Januari 2022 07:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta -  Betty White menderita stroke enam hari sebelum dia meninggal pada usia 99, kabar tersebut terungkap dari sertifikat kematiannya.

Penyebab kematian aktris legendaris itu terdaftar sebagai kecelakaan serebrovaskular dalam dokumen Departemen Kesehatan Masyarakat  Los Angeles, yang diperoleh TMZ Senin, 10 Januari 2022.

Kecelakaan serebrovaskular adalah istilah medis untuk stroke, yang disebabkan oleh hilangnya aliran darah ke bagian otak, yang mengakibatkan kerusakan jaringan.

Tidak jelas apakah White mengalami perubahan emosional dan perilaku antara waktu stroke dan kematiannya pada 31 Desember. Namun, sumber mengatakan kepada TMZ bahwa dia telah waspada dan koheren.

Bintang kesohor"Golden Girls" itu sebelumnya mengatakan dia meninggal karena sebab alami saat tidur. "Betty meninggal dengan tenang dalam tidurnya di rumahnya," kata agen, Jeff Witjas, yang juga teman dekat White, dalam sebuah pernyataan kepada People pekan lalu.

Witjas juga membantah bahwa kematian White ada hubungannya dengan ikon komedi yang menerima suntikan booster COVID-19 hanya beberapa hari sebelumnya.

“Orang-orang mengatakan kematiannya terkait dengan suntikan booster tiga hari sebelumnya, tapi itu tidak benar. Dia meninggal karena sebab alami," katanya kepada majalah itu, menambahkan, "Kematiannya tidak boleh dipolitisasi - itu bukan kehidupan yang dia jalani.

Betty Marion White lahir pada 17 Januari 1922 di Oak Park, Illinois. Dia memulai karier di dunia hiburan pada akhir 1930-an dan debut di TV pada 1939 lewat penampilan menyanyi di saluran eksperimental di Los Angeles. Dia adalah anggota tetap "Hollywood on Television", acara varietas berdurasi lima jam yang tayang langsung setiap hari, pada 1949.

Beberapa tahun kemudian dia jadi salah satu perempuan pertama di televisi yang turut mendirikan perusahaan produksi dan menjadi kreator, produser dan bintang sitkom "Life with Elizabeth" pada 1950-an.

Pada era 60-an dan awal 70-an, White juga wara-wiri di televisi, membawakan acara dan tampil di acara-acara permainan seperti "Match Game". Dia menikahi Allen Ludden, pembawa acara "Password", suami ketiga dan terakhirnya, pada 1963.

Baca: Mengenang Betty White, Ini Alasannya Memilih Childfree

PEOPLE