Berkat Perannya sebagai James Bond, Daniel Craig Dianugerahi Penghargaan CMG

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Daniel Craig. REUTERS/Suzanne Plunkett

Daniel Craig. REUTERS/Suzanne Plunkett

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktor, Daniel Craig dianugerahi gelar Companion of the Order of St. Michael dan St. George (CMG) dalam daftar penghargaan Tahun Baru tahunan Ratu Elizabeth. Mulanya penghargaan Order of St. Michael dan St. George diberikan kepada pemegang komando atau ksatria Inggris dalam Perang Napoleon pada abad ke-19.

Seiring waktu, penerima penghargaan tersebut telah berubah, yakni ditujukan kepada orang-orang non-militer yang dianggap memberikan kontribusi penting dalam hubungan luar negeri dan Persemakmuran.

Penghargaan CMG diberikan kerajaan Inggris kepada Craig atas kontribusinya dalam dunia film, terutama karena perannya sebagai karakter fiksi James Bond yang ia mainkan sejak film Casino Royale (2006) hingga No Time To Die (2021) dalam waralaba 007.

Aktor berusia 53 tahun itu tampil sebagai Bond untuk terakhir kalinya melalui film No Time To Die yang menghasilkan lebih dari 96 juta Pound Britania (Rp1,8 triliun) di box office Inggris 2021, menjadikannya film terlaris ketiga sepanjang masa. Film ini juga merupakan film terbesar keempat tahun 2021 secara global, meraup 575 juta Pound Britania (Rp11 triliun) hingga saat ini.

No Time to Die menjadi film James Bond dengan durasi terpanjang, yaitu 163 menit. Foto: YouTube James Bond 007.

Sebelum No Time To Die dirilis, Craig juga telah dianugerahi menjadi komandan kehormatan di Royal Navy. Penunjukan tersebut mencerminkan dukungan pribadinya untuk Angkatan Bersenjata Inggris.

Produser waralaba film James Bond, Barbara Broccoli dan Michael Wilson, juga termasuk di antara banyak figur publik yang telah diakui dalam daftar Penghargaan Tahun Baru 2022. Keduanya menerima kehormatan Commanders of the Order of the British Empire (CBE).

Penghargaan lainnya di bidang industri hiburan termasuk pemenang Oscar Vanessa Redgrave, bintang film Absolutely Fabulous Joanna Lumley, sutradara Paul Greengrass, sutradara John Boorman, sutradara Andrew Haigh, dan pembuat film indie Horace Shango Ové.

Direktur eksekutif dan kepala eksekutif gabungan Teater Nasional Inggris, Lisa Burger, dan aktor EastEnders Nitin Ganatra juga mendapat penghargaan.

Di bidang musik, presenter Classic FM Moira Stuart dianugerahi Commander of the Order of the British Empire (CBE) dan Margherita Taylor dianugerahi Member of the Order of the British Empire (MBE). Selain itu, British Empire Medal (BEM) dianugerahkan kepada Mark Strachan yang mendirikan Choir of the Earth saat pandemi COVID-19 pada 2020.

Selamat untuk Daniel Craig...

Baca juga: Aktor Daniel Craig Bakal Masuk Hollywood Walk of Fame

REUTERS

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."