Centella Asiatica Diprediksi jadi Kandungan Skincare yang Hits Tahun 2022

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Perawatan kulit wajah.

Perawatan kulit wajah.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Produk perawatan kulit atau skincare terus menjadi salah satu produk kecantikan yang diminati karena semakin banyak orang yang sadar bahwa selain penampilan, kesehatan kulit juga harus diperhatikan.

Di era pandemi, banyak masyarakat yang memiliki keluhan terhadap kesehatan kulit wajah, salah satunya akibat penggunaan masker yang terlalu lama saat beraktivitas sehari-hari. Keluhan yang paling umum adalah munculnya jerawat hingga iritasi akibat kulit kering.

Melihat kondisi tersebut, Clarissa Lavenia dari Kaila Beauté mengatakan, perawatan kulit konten yang berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit diprediksi menjadi tren di tahun 2022.

"Skincare konten hits mendatang di 2022 adalah orang-orang yang dapat menjaga kulit pelembap dan terhidrasi. Memang, sehat berseri, pelembap, dan lentur kulit -mencari yang akan menjadi tren. Jadi, kandungan skincare yang mendukung penampilan kulit seperti itu juga akan menjadi tren,” lanjutnya.

Berikut empat konten skincare yang diprediksi Veni akan menjadi tren di tahun 2022 dan manfaatnya.

Centella Asiatica

Pegagan atau Centella asiatica kaya akan asam amino, beta karoten, asam lemak, dan fitokimia. Ekstrak tersebut dapat meningkatkan kadar sebum atau minyak alami kulit sehingga dapat menjaga kelembapan dan elastisitas kulit, ujar Clinical Assistant Professor of Dermatology dari New York Dr. Marisa Garschick, FAAD.

Selain itu, centella asiatica juga mengandung senyawa triterpen yang dapat meningkatkan sintesis kolagen. Beberapa penelitian menemukan bahwa kandungan tersebut dapat meningkatkan proses penyembuhan luka, merangsang pertumbuhan sel baru, membentuk kolagen, dan meningkatkan sirkulasi.

Centella asiatica juga memiliki antioksidan seperti flavonoid dan asam fenolik yang dapat mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan sel yang menyebabkan penuaan dini.

Asam Hialuronat

Asam hialuronat sebenarnya dapat diproduksi secara alami oleh tubuh. Namun, penuaan dan paparan radiasi ultraviolet, asap tembakau, dan polusi dapat mengurangi jumlah tersebut sehingga kulit tidak terhidrasi dengan baik.

Hyaluronic acid memiliki fungsi water-binding untuk membantu menjaga kelembapan kulit sehingga kulit tampak lebih kenyal dan bercahaya.

Dengan demikian, asam hialuronat dapat menghambat penuaan dini, mencegah keriput. Dan sebaliknya. kulit akan menjadi lebih kencang dan elastis. Asam hialuronat juga mengandung antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas.Selain

itu, asam hialuronat juga berperan penting dalam penyembuhan luka, mengurangi ukuran dan nyeri luka, serta memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengurangi risiko infeksi.

Minyak Pohon Teh

Ilustrasi serum wajah (Pexels/Vie Studio)

Teh adalah bahan yang sangat terkenal yang memiliki banyak manfaat untuk kulit dan merupakan salah satu yang sering digunakan dalam berbagai produk kecantikan.

Minyak pohon teh dapat membantu menenangkan kulit kering dengan mengurangi gatal dan iritasi, dan telah terbukti efektif dalam mengobati eksim. Selain itu, tea tree oil juga berfungsi untuk memerangi minyak berlebih di wajah.

Sifat anti inflamasi dan antimikroba yang terkandung di dalamnya juga dapat meredakan kemerahan pada kulit, membantu mencegah dan mengurangi bekas jerawat, serta membuat kulit tampak lebih halus dan bersih.

Selain itu, minyak pohon teh juga memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu menyembuhkan luka dan membersihkan pori-pori yang dapat menyebabkan jerawat,

Niacinamide

Niacinamide adalah salah satu bentuk vitamin B3 yang telah lama populer di industri kosmetik dan perawatan kulit karena perannya yang penting dalam menjaga kesehatan kulit.

Manfaat niacinamide adalah melembabkan dan menghaluskan kulit, mencerahkan kulit, dan merangsang produksi kolagen sehingga dapat menyamarkan flek hitam.

Selain itu, niacinamide juga dapat mengobati masalah kulit seperti jerawat dan rosacea, gangguan kulit wajah yang ditandai dengan kemerahan. Saat dioleskan atau diminum sebagai suplemen, niacinamide terbukti memiliki efek anti inflamasi pada kulit sehingga dapat mengurangi peradangan akibat infeksi jerawat.

Niacinamide juga mengandung antioksidan yang melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet dan polusi serta mencegah penuaan dini.

Baca: Kaleidoskop 2021, Tren Skincare DNA Salmon jadi Primadona

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."