Jaga Daya Tahan Tubuh dengan Konsumsi Madu Asli, Ini Cara Membedakannya

Ilustrasi madu. Freepik.com

kesehatan

Jaga Daya Tahan Tubuh dengan Konsumsi Madu Asli, Ini Cara Membedakannya

Rabu, 29 Desember 2021 15:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Menjaga kondisi tubuh untuk selalu sehat dan prima sangat penting. Terlebih lagi di musim pancaroba seperti sekarang ini, kebutuhan masyarakat akan madu sebagai suplemen tambahan untuk meningkatkan daya tahan tubuh akan terus bertambah. Diketahui, madu memiliki banyak nutrisi yang lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh.

“Madu murni memiliki kandungan nutrisi yang beragam dan bermanfaat bagi tubuh, di antaranya sebagai antioksidan alami, meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga kesehatan sistem pencernaan,” tulis laman Alodokter.

Namun sayangnya, menurut GM Manufacturing Madurasa, Bambang, masih banyak kesimpangsiuran mengenai cara memilih madu asli. Bahkan masih menjadi issue hangat di kalangan masyarakat Indonesia. Terlebih lagi madu palsu banyak bererdar di pasaran.

“Cara membedakan madu asli yang terbaik adalah melalui uji lab, namun cara sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan mencampurkan madu ke dalam cawan berisi cair dan diputar. Madu asli akan membentuk pola hexagon atau sarang lebah,” jelas Bambang melalui siaran pers, Selasa, 28 Desember 2021.

Sementara itu, seperti yang kita ketahui bersama, sumber terbaik untuk mendapatkan madu adalah dari lebah. Jika Anda ingin membeli madu, Anda harus memperhatikan persyaratan termasuk madu mentah, alami, madu hutan, atau organik.

Ilustrasi madu. shutterstock.com

Anda juga bisa menguji madu di rumah, berikut caranya:

– Tes Jempol: Oleskan sedikit madu pada ibu jari Anda, periksa apakah tumpah seperti cairan lainnya, jika tidak maka madu Anda tidak asli. Madu seharusnya kental dan tidak menetes.

– Tes Air: Dalam segelas air, masukkan satu sendok madu, jika madu larut dalam air maka itu palsu. Madu murni memiliki tekstur kental yang akan mengendap di dasar cangkir atau gelas.

– Tes Cuka: Campurkan beberapa tetes madu ke dalam air cuka, jika campuran mulai berbusa, maka madu Anda palsu.

– Tes Panas: Madu tetap tidak terbakar. Untuk mencoba tes panas, celupkan batang korek api ke dalam madu dan nyalakan. Jika terbakar, maka madu Anda dipalsukan.

Faktanya, Anda juga bisa melihat perbedaannya dengan mata secara langsung. Madu murni memiliki aroma manis yang khas, dan madu mentah saat dikonsumsi meninggalkan rasa kesemutan di tenggorokan Anda.

Di Indonesia sendiri, Madurasa merupakan pelopor brand madu dalam kemasan bermerek pertama di Tanah Air, dengan produk unggulannya bernama Madurasa Murni. Produk ini dinobatkan sebagai produk madu yang direkomendasikan oleh 9 dari 10 Ibu di Indonesia berdasarkan hasil survey yang dilakukan Home Tester Club.

HTC sendiri adalah komunitas review dan uji coba produk yang dapat membantu masyarakat berbelanja lebih baik. Review dan hasil survei dari HTC dapat dipercaya dan telah digunakan oleh banyak brand ternama di Indonesia maupun berbagai negara lain.

Atas dasar itulah, Senior Brand Manager Madurasa, Damayanti tak lupa untuk mengungkapkan rasa terima kasih atas kepercayaan para ibu di Indonesia yang telah merekomendasikan Madurasa Murni kepada kerabatnya.

“Melihat banyaknya opini yang positif dari para konsumen, Madurasa, sebagai peraih Top Brand kategori madu sejak tahun 2009 akan terus berkomitmen untuk memproduksi madu pilihan yang berkualitas tinggi bagi seluruh keluarga Indonesia,” ungkap Damayanti.

Baca: 4 Mitos Ciri Madu Asli, Salah Satunya Tak Berubah Warna

INDIA