Yang Harus Dilakukan sebelum dan sesudah Brazilian Wax

Ilustrasi brazilian wax. freepik

kecantikan

Yang Harus Dilakukan sebelum dan sesudah Brazilian Wax

Selasa, 28 Desember 2021 14:15 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Brazilian Wax salah satu metode menghilangkan rambut kemaluan. Bikini wax menghilangkan rambut kemaluan yang tumbuh di luar batas garis bikini, sementara brazilian wax menghilangkan rambut kemaluan dan rambut antara bokong. Bisa dibilang ini adalah pilihan yang bagus jika Anda lebih suka tampilan yang benar-benar tanpa rambut kemaluan. Namun, Anda juga dapat meninggalkan rambut kemaluan berbentuk segitiga, strip, atau persegi di bagian depan, jika Anda ingin mempertahankannya.

Yang Sebaiknya Dilakukan sebelum Brazilian Wax

Sebelum brazilian wax, Deidra Green, Manajer Pelatihan Lapangan di European Wax Centers di Amerika Serikat, merekomendasikan menumbuhkan rambut kemaluan setidaknya sepanjang seperempat inci atau 0,63 cm.

"Berhenti mencukur setidaknya lima hari sebelum reservasi waxing Anda," sarannya dikutip dari laman Instyle, Senin, 27 Desember 2021. Tujuannya lilin menempel lebih baik pada rambut dan menghilangkannya sekaligus. Jika rambut kemaluan terlalu pendek, lilin mungkin tidak mencabut semua rambut sekaligus. Bisa juga menyebabkan spesialis wax Anda melewatkan beberapa rambut tersebut.

"Jangan khawatir, rambutmu tidak akan pernah terlalu panjang untuk datang menemui kami," Green meyakinkan.

Anda juga dapat melakukan eksfoliasi sebelum janji temu untuk membantu menghilangkan sel-sel kulit mati. "Jika Anda akan melakukan eksfoliasi kulit, gunakan exfoliant dengan formula non-abrasi yang mengandung bahan-bahan untuk membantu menenangkan, menutrisi, dan memulihkan kulit," kata Green. Eksfoliasi sebaiknya dilakukan 1-2 hari sebelum brazilian wax.

Selain memastikan kondisi panjang rambut kemaluan, hindari pula minum minuman kafein dan alkohol. "Ini mungkin tampak seperti ide yang baik untuk minum untuk menenangkan saraf, tetapi alkohol mengencerkan darah, yang dapat menyebabkan pengalaman yang lebih menyakitkan," kata Green. "Kafein menyebabkan lebih banyak sensitivitas kulit dan juga dapat meningkatkan rasa sakit saat waxing."

Cara Terbaik Atasi Sakit dari Brazilian Wax

Bagian yang paling dirisaukan dari setiap pengalaman waxing adalah rasa sakit. "Anda dapat menggunakan pereda nyeri 30 menit sebelum sesi brazilian wax untuk mengurangi rasa sakit, dan Anda juga dapat mengoleskan krim mati rasa 45 menit sebelum janji Anda," kata Taylor Worden, ahli kecantikan selebriti dan pendiri Taylor Worden Skin.

Green mengatakan semakin sering Anda waxing, maka semakin mudah untuk mengatasi rasa sakit. "Kami ingin mengatakan bahwa wax ketiga Anda adalah wax terbaik Anda karena siklus pertumbuhan rambut telah merata, dan rambut mulai menjadi lebih halus untuk dihilangkan dengan lebih mudah," katanya.

Kiat Merawat Kulit setelah Brazilian Wax

Setelah brazilian wax, Worden mengimbau untuk menghindari sauna, mandi air panas, bak mandi air panas, pewarnaan kulit, dan olahraga selama 24 jam. Jadi, Anda harus menghindari apa pun yang dapat menyebabkan potensi iritasi di bawah sana.

Green mengatakan untuk menghindari sabun yang keras karena kulit baru terkelupas dari lilin. Sebagai gantinya, pilihlah formula yang telah teruji secara ginekologi yang membersihkan dan menghidrasi kulit dengan lembut.

"Kami juga merekomendasikan mengenakan busana yang longgar dan nyaman yang memungkinkan area tersebut bernapas, serta apa pun yang berbahan dasar kapas," katanya.

Hal terbaik yang harus dilakukan setelah waxing adalah melembapkan dan menenangkan area tersebut menggunakan formula dengan bahan-bahan seperti lidah buaya, chamomile, gliserin, atau teh hijau.

Tips Brazilian Wax Tahan Lama

Worden merekomendasikan pengelupasan beberapa kali seminggu dan menahan keinginan untuk bercukur di antara janji waxing. Green setuju dan menjelaskan bahwa ketika Anda mencukur, Anda memotong rambut Anda, yang menciptakan ujung tumpul ketika tumbuh bukannya titik halus.

"Ini bisa membuat tampilan dan nuansa rambut menjadi lebih gelap atau lebih tebal dan terasa berduri beberapa hari setelah bercukur," katanya. Selain itu, mencukur dapat menyebabkan rambut tumbuh ke dalam.

"Jika Anda benar-benar harus menghilangkan rambut, cukur hanya bagian samping garis bikini Anda sehingga Anda tetap merasa rapi, tetapi tidak memulai hasil waxing Anda dari awal."

Anda juga dapat memasukkan produk yang membantu memperlambat pertumbuhan rambut, contohnya ekstrak dandelion, yang secara studi klinis telah menunjukkan menghambat perkembangan rambut.

Berapa Lama Brazilian Wax Bertahan?

Biasanya, Worden mengatakan hasil brazilian wax akan bertahan hingga empat minggu bagi kebanyakan orang. Namun, beberapa mungkin bertahan hingga enam minggu selama musim dingin karena rambut tumbuh lebih lambat selama waktu tersebut. 

Bolehkah Anda Brazilian Wax saat Haid?

"Anda bisa mendapatkan brazilian wax saat menstruasi," kata Green. "Kamu hanya perlu memakai tampon atau menstrual cup." Meskipun mungkin, ingatlah bahwa kulit Anda mungkin sedikit lebih sensitif selama waktu ini, jadi, mungkin terasa sedikit lebih menyakitkan.

Baca juga: Mau Waxing? Ketahui 7 Efek Samping dan Cara Atasinya

INSTYLE