Cerita di Balik Kebaya untuk Oase Kabinet Indonesia Maju Karya Didiet Maulana

Para pesertarRapat laporan kerja Oase Kabinet Indonesia Maju kompak mengenakan kebaya karya Didiet Maulana bernuansa putih/Foto: Instagram/Yanti Airlangga

mode

Cerita di Balik Kebaya untuk Oase Kabinet Indonesia Maju Karya Didiet Maulana

Sabtu, 25 Desember 2021 19:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Desainer Ikat Indonesia, Didiet Maulana diberikan kesempatan terhormat untuk membuat kebaya untuk para ibu-ibu hebat untuk acara program laporan kerja Oase Kabinet Indonesia Maju. Melalui laman Instagramnya, Didiet menceritakan makna di balik rancangan kebaya yang berwarna putih itu.

Menurut Didiet, konsep rancangan kebaya Svarna by Ikat Indonesia yang dikenakan para ibu Oase Kabinet Indonesia Maju ini mengambil tema, Puspa Warni Indonesia, keberagaman kain Nusantara yang akan ditampilkan dalam acara ini dengan paduan kebaya sebagai busana Nasional Indonesia. Akan dibagi agar semua perwakilan dari beberapa wilayah bisa ditampilkan, tentunya dengan harmoni warna yang menjadi benang merahnya.

Dalam unggahan tersebut, tampak konsep sketsa kebaya Puspa Warni dengan model kebaya bukaan depan, lalu ada detail bordir motif pucuk rebung, dan dilengkapi selendang rumbai. Sementara untuk kainnya bisa mengenakan kain sarung, tenun atau batik.

Didiet menuliskan agar tampilan ini tersebut bisa memberikan semangat untuk para perempuan yang menghasilkan karya wastra yang akan dipakai, dan memberikan energi baik untuk para ibu-ibu seniman kreatif Indonesia.

"Membanggakan semua Ibu-ibu memakai kain wastra beraneka ragam dari berbagai daerah. Contohnya Ibu @yanti.airlangga memakai kain Toraja, Bu @loemongga dengan kain Maluku, Ibu @sribahlil dari Sultera, Ibu @bianca.alinda dari Sumatera Barat dan lainnya," tulis Didiet

Penulis buku Kisah Kebaya ini berharap semoga semakin banyak warna-warni pada tampilan busana Indonesia yang juga membuat semakin meningkatnya kesejahteraan perajin Indonesia.

"Terima kasih Bu Loemongga untuk kesempatan presentasinya. Dan Ibu Yanti yang mendukung di setiap prosesnya. Dan juga semua Ibu-ibu Oase Kabinet Indonesia maju atas kepercayaannya," pungkasnya.

Baca: Cerita di Balik Kebaya yang Dikenakan Sheila Dara Aisha Karya Didiet Maulana