Cerita di Balik Kebaya yang Dikenakan Sheila Dara Aisha Karya Didiet Maulana

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Sheila Dara mengenakan kebaya Svarna By Ikat Indonesia rancangan Didiet Maulana untuk acara lamaran. Instagram.com/@didietmaulana

Sheila Dara mengenakan kebaya Svarna By Ikat Indonesia rancangan Didiet Maulana untuk acara lamaran. Instagram.com/@didietmaulana

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi Vidi Aldiano resmi melamar kekasih hatinya Sheila Dara Aisha pada 1 Desember 2021. Acara pertemuan keluarga itu dilakukan setelah sebelumnya Vidi Aldiano bertanya soal kesediaan Sheila untuk mendampinginya pada Maret 2021 lalu, saat Sheila berulang tahun.

Menariknya kebaya lamaran yang dirancang oleh desainer Ikat Indonesia Didiet Maulana ini memiliki filosofi khusus. Kebaya yang diberi tajuk Kebaya Dara ini dibuat dengan mengambil model Kutubaru.

"Aksen pada bahu dan aksen di bagian belakang yang mengalun lembut kalau tertiup angin. Dengan aksen bunga-bunga. Kebaya Dara disandingkan dengan kain batik Sido Asih yang dipakai ketika acara lamaran. Ada beberapa pilihan kain, tapi aku menjatuhkan pilihan pada kain ini, karena cocok dengan warna kebaya dan karakter Sheila," tulis Didiet di keterangan Instagram, Kamis 2 Desember 2021.

Tak hanya maknanya yang personal, Kebaya Dara juga memiliki warna unik yakni Sedelinggam. Warna yang terinspirasi dari warna mineral Minium, bentuk timbal tetroksida yang terjadi secara alami, Pb²PbO.

"Warna spesial ini diangkat untuk hari spesial mereka berdua. Warna yang terbentuk karena proses alami. Mungkin kalau cinta bisa diberi warna, aku akan memberi warna ini," tulis Didiet.

Sementara itu, kombinasi kain ini dikatakan Didiet dapat dari riset membaca penjelasan Indra Tjahjani, sebuah ide yang sangat indah untuk dopasangkan pada acara kali ini. "Kalau pria mau melamar seorang gadis maka harus mengenakan kain batik motif satrio manah, yang artinya seperti kaulah satu-satunya di hatiku. Sementara itu, yang perempuan mengenakan motif sido asih, yang artinya rasa cinta dari dua keluarga."

"Semoga doa dan harapan baik akan mengantarkan mereka berdua ke jenjang selanjutnya. Amin," harapnya.

Lantas, bagaimana dengan beskap yang dikenakan Vidi Aldiano? Pelantun Nuansa Bening ini mengenakan beskap sedelingan dengan potongan klasik yang dipelajari Didiet di tahun 2012 saat belajar bikin beskap dan kebaya.

"Ada modifikasi di style kerah dan belakangnya. Bahan spesial jacquard dari tenun sutra yang dibuat di Perancis dipadu dengan kain batik tulis motif Satrio Manah. Yang biasa digunakan untuk lamaran "memanah" si jantung hati," terangnya.

Baca:Vidi Aldiano dan Sheila Dara Aisha Lamaran, Ini 3 Fakta Menariknya

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."